9/8/16

Perlu Anda Ketahui,Inilah 7 Manfaat Kulit Pisang yang Tersembunyi

Pisang,salah satu buah yang banyak terdapat dan tumbuh di negara-negara dengan iklim tropis ini memang tergolong istimewa.Selain buahnya yang dapat kita konsumsi secara langsung serta diolah menjadi berbagai macam produk camilan yang menggugah selera,ternyata kulit buahnya juga mempunyai manfaat yang tersembunyi.

Ilustrasi/pexels.com

Kebanyakan orang biasanya hanya memanfaatkan buahnya saja,dan akan membuang kulitnya begitu saja karena beranggapan bahwa kulit pisang tersebut tidak berguna sama sekali.Namun perlu Anda ketahui  bahwa sebenarnya banyak manfaat yang bisa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut adalah tujuh manfaat yang dapat kita peroleh dari kulit pisang yang tentunya akan terasa sayang jika kita buang begitu saja.

Penghilang Kutil

Kutil merupakan salah satu penyakit yang menyerang kulit dan disebabkan oleh virus Human Pappiloma.Bagi penderita penyakit ini,tentu akan berusaha untuk menghilangkannya karena dapat mengganggu penampilan.Terkadang banyak yang mencoba berbagai macam produk obat tetapi tidak ada perubahan yang berarti dan kutil masih saja menghiasi kulit.

Bagi Anda yang pernah mengalami kasus seperti di atas,cobalah untuk menggunakan kulit pisang sebagai alternatif penghilang kutil.Cara menggunakannya pun cukup simpel dan tidak akan menimbulkan efek lain yang dapat mengganggu kesehatan.Anda hanya perlu kulit pisang,potong sesuai lebar area kulit yang terserang kutil,lalu tutuplah dengan menggunakan plester.Anda biarkan saja dan gantilah kulit pisang tersebut jika telah berubah warna menjadi cokelat kehitaman.Lakukan hal ini secara rutin sampai kutil tersebut benar-benar menghilang dari kulit Anda.

Alternatif untuk Memutihkan Gigi

Zat yang terkandung dalam kulit pisang diantaranya adalah Kalium dan Mineral yang dipercaya dapat membuat putih pada gigi.Cara yang dapat Anda lakukan jika ingin memutihkan gigi dengan menggunakan kulit pisang adalah dengan cara memilih pisang yang telah matang sempurna,kemudian gosokkan bagian dalam dari kulit pisang tersebut secara merata selama 2 menit pada gigi Anda,diamkan selama 10 menit sebelum Anda menggosok gigi.

Penghilang Rasa Gatal Akibat Gigitan Nyamuk

Memang belum ada penelitian yang mengklaim tentang hal ini,tetapi kulit pisang dipercaya dapat menghilangkan rasa gatal pada area gigitan nyamuk.Cara kerja kulit pisang ini adalah menyerap cairan pada daerah yang bengkak.

Mengurangi Jerawat

Jerawat memang menjadi momok yang cukup membuat resah bagi kebanyakan orang,terutama kaum muda karena sangat berhubungan dengan masalah penampilan.Jika Anda ingin menggunakan bahan alami untuk mengurangi jerawat,kulit pisang merupakan salah satu bahan alternatif yang patut untuk Anda coba.Caranya adalah gosokkan bagian dalam kulit pisang pada area tumbuhnya jerawat,diamkan selama 10 menit atau bisa juga diamkan beberapa waktu sampai residu yang ada pada kulit pisang tersebut bekerja lalu cucilah muka Anda seperi biasa.

Mengkilapkan Sepatu

Kulit pisang juga dapat dijadikan alternatif sebagai bahan pengkilap sepatu Anda.Caranya cukup sederhana,gosokkan bagian dalam kulit pisang pada sepatu lalu gosok kembali dengan kain bersih untuk menghilangkan sisa-sisa kulit pisang yang masih menempel pada sepatu.

Memperlambat Keriput pada Kulit

Anda merasa khawatir karena garis-garis halus mulai bermunculan pada wajah?.Anda dapat memanfaatkan kulit pisang untuk memperlambat terjadinya keriput dan garis halus pada wajah.Kulit pisang mengandung vitamin C dan Antioksidan lain.Bagaimana caranya? caranya adalah dengan menggosokkan bagian dalam kulit pisang pada area wajah yang terdapat keriput dan garis halus,diamkan beberapa saat lalu cucilah muka Anda.

Membantu Menghilangkan Memar

Manfaat lain yang dapat kita peroleh dari kulit pisang adalah menghilangkan memar yang terjadi pada kulit kita.Caranya cukup simpel,Anda hanya perlu menggosokkan bagian dalam dari kulit pisang pada area yang terdapat luka memar lalu biarkan saja sampai semalaman.

Itulah tujuh manfaat yang bisa kita peroleh dari kulit pisang yang banyak terdapat di sekitar kita.Setelah Anda mengetahui manfaatnya akan terasa sayang jika kita buang begitu saja bukan?.Semoga bermanfaat.

(Rom).

No comments:

Post a Comment