9/10/16

Menghasilkan Uang dari Internet? Baca Ulasan Sederhana Berikut!

Dewasa ini internet sudah menjadi kebutuhan dan bagian yang sangat penting bagi kehidupan manusia.Banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dengan adanya internet,dari membantu dalam penyampaian informasi yang lebih cepat sampai dalam dunia hiburan pun sebagian besar kini telah beralih dengan menggunakan teknologi internet.

Apakah hanya sekedar itu saja manfaat dari internet? Ternyata tidak juga.Jika kita mau belajar dan 'menggali' lebih dalam lagi ternyata masih banyak manfaat lain yang dapat kita peroleh,salah satunya adalah bahwa internet dapat juga kita gunakan untuk menambah pemasukan keuangan.



Sudah bukan merupakan rahasia lagi jika internet merupakan 'tambang emas' bagi orang yang mau berusaha untuk menggali informasi lebih dalam.Banyak orang yang telah berhasil meraup ratusan juta hingga milyaran rupiah dari adanya internet ini.Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan nama-nama seperti Mark Zuckerberg,sang pendiri situs sosial media Facebook yang sangat fenomenal tersebut? Atau Jack Dorsey yang merupakan salah satu penggagas situs micro blogging Twitter? Terus ada nama-nama lain seperti Jack Ma si pendiri Alibaba group serta tidak ketinggalan pula Bill Gates.Ya,mereka merupakan contoh orang-orang yang telah sukses dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dibidang internet,dan tentu saja harus dibarengi dengan usaha yang keras dan proses yang cukup panjang karena di dunia ini tidak ada keberhasilan yang terjadi secara instan.

Apakah pernah terlintas dalam pikiran Anda untuk mengikuti jejak mereka? Ya paling tidak memanfaatkan sisi lain dari adanya koneksi internet dari pada hanya kita gunakan untuk menonton streaming video  dan hanya untuk bersosial media ria?.Jika 'Ya' adalah jawaban pilihan Anda,saya harap agar Anda sudi membaca ulasan sederhana ini sampai selesai.

Jika Anda merasa tertarik untuk menambah penghasilan melalui internet,di sini akan saya jabarkan secara sederhana untuk memberikan gambaran kepada Anda,sehingga nantinya Anda dapat memutuskan apa yang cocok dan sesuai dengan minat.

Gambaran sederhana menambah pendapatan dari internet

Sebenarnya banyak sekali cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk menambah pendapatan dengan memanfaatkan teknologi internet,diantaranya :

Membuka Toko Online

Di era teknologi yang semakin maju ini manusia cenderung tidak mau untuk lebih repot dan menginginkan segala urusannya agar dapat berjalan lebih mudah dan nyaman.
Umpamanya dalam hal berbelanja segala kebutuhan,dewasa ini orang lebih memilih untuk melakukannya secara online karena mungkin tidak mempunyai cukup waktu luang dan malas mengantre serta berpanas-panasan karena terjebak macet.

Inilah yang membuka peluang bagi sebagian orang yang jeli melihat situasi dengan keadaan yang terjadi.Tidak mengherankan mengapa sekarang ini banyak sekali toko online yang mencoba menawarkan berbagai macam produknya kepada konsumen.Jika Anda adalah orang yang berkecimpung dalam dunia perdagangan,tidak ada salahnya untuk mencoba mengikuti jejak salah satu dari mereka.Untuk menambah penghasilan buatlah sebuah toko online untuk menawarkan produk-produk yang Anda jual misalnya fashion,kosmetik dan sebagainya agar dapat dikenal masyarakat luas.Banyak sekali aplikasi yang bisa Anda pilih untuk membuat sebuah toko online,diantaranya adalah e-commerce,wordpress serta blogger.Jika tidak mau ribet anda juga bisa memanfaatkan sosial media yang ada seperti facebook dan twitter.Tetapi satu syarat yang cukup penting untuk diperhatikan jika Anda membuat toko online nantinya adalah kejujuran dan dapat dipercaya.Jangan coba-coba untuk melakukan kecurangan karena kepercayaan konsumen merupakan hal yang paling utama dan merupakan modal yang sangat berharga.

Menawarkan Jasa Secara Online

Anda tentu mempunyai bakat dan keahlian,entah itu bermain musik,menguasai beberapa bahasa asing,cakap dalam menjahit,pintar dalam merias atau make-up,menguasai seluk beluk dunia otomototif,dan lain sebagainya.Daripada keahlian yang Anda miliki hanya dimanfaatkan untuk diri sendiri,mulai sekarang ubahlah mindset atau cara berpikir Anda.Tawarkanlah keahlian yang Anda miliki untuk dapat lebih berguna bagi orang lain dan hitung-hitung untuk menambah penghasilan Anda.Misalkan Anda ahli dalam bahasa Inggris dan Mandarin,ataupun ahli dalam memainkan cewek (salah ketik bro! :D),maksud saya memainkan alat musik,tidak ada salahnya untuk mencoba membuka les privat di rumah atau bisa juga datang ke tempat client.Tawarkan jasa Anda secara online tentang keahlian yang Anda miliki.Manfaatkanlah sosial media yang ada seperti facebook dan twitter sebagai sarana untuk mempromosikan jasa Anda.Dengan demikian akan jauh lebih murah daripada Anda menggunakan media cetak dan elektronik yang tentunya akan mempunyai batasan waktu.

Mengikuti Program Afiliasi

Salah satu cara yang dapat Anda pilih untuk menambah penghasilan melalui internet adalah dengan mengikuti program afiliasi yang kini banyak ditawarkan oleh perusahaan,baik lokal maupun mancanegara.Sebagai contoh adalah Amazon,Lazada,Zalora dan masih banyak lagi.

Afiliasi sendiri adalah sebuah program yang akan membayar atau memberikan penghasilan jika kita berhasil menjual produk-produk yang mereka tawarkan.Syarat untuk mengikuti program afiliasi juga ternyata cukup mudah.Anda hanya perlu membuat sebuah blog yang nantinya akan digunakan untuk me-review produk mereka dan juga menempatkan iklan dari perusahaan afiliasi yang Anda ikuti.Banyak sekali aplikasi gratis yang bisa Anda gunakan untuk membuat sebuah blog,misalnya wordpress dan blogger.Langkah selanjutnya jika telah memiliki sebuah blog Anda tinggal mendaftarkan saja blog tersebut untuk mengikuti program afiliasi yang Anda inginkan.Setelah aplikasi permohonan disetujui maka Anda diharuskan untuk memasang/menempatkan kode iklan yang diberikan oleh perusahaan tersebut.Program afiliasi ini akan membayar jika ada pengunjung yang mengakses website kita,kemudian merasa tertarik oleh iklan produk yang ditawarkan melalui blog tersebut,kemudian pengunjung tersebut melakukan transaksi dengan pihak perusahaan afiliasi yang kita ikuti.Singkatnya,pengunjung tersebut membeli barang karena tertarik dengan iklan yang ada pada website atau blog yang kita miliki.

Mengikuti Program PPC (Pay Per Click)

Pay Per Click atau yang biasa disingkat dengan PPC adalah sebuah program penayang iklan yang akan membayar mitranya ketika iklan tersebut diklik oleh pengunjung situs.Maksudnya begini,ketika kita mengikuti program pay per click dengan cara mendaftarkan blog atau website yang kita miliki dan kemudian aplikasi permohonan tersebut disetujui maka pihak advertiser atau pengiklan akan memberikan kode iklan yang harus dipasang pada website/blog yang telah disetujui tadi.Kemudian apabila ada pengunjung melakukan klik pada iklan yang ada pada blog kita,maka dari situlah penghasilan yang akan kita dapatkan.Singkatnya kita akan menerima bayaran dari iklan yang diklik oleh visitor/pengunjung yang mengakses halaman web milik kita.
Tentu saja untuk bisa mengikuti program tersebut terlebih dahulu kita harus mempunyai sebuah website maupun blog,kemudian langkah selanjutnya adalah dengan menulis artikel/konten untuk mengisi blog  tersebut.Isilah dengan konten yang menarik dan bermanfaat,dan yang paling utama adalah bahwa konten tersebut murni hasil karya Anda sendiri.

Salah satu program PPC yang masih menjadi primadona dan favorit para blogger adalah google adsense.Banyak sekali blogger baik mancanegara maupun blogger lokal yang telah berhasil mengunpulkan pundi-pundi dolar dari program adsense tersebut.

Salah satu blogger Indonesia yang cukup berhasil mengikuti program ini adalah seorang anak muda yang bernama Eka Lesmana.Jika Anda googling dengan menggunakan kata kunci Eka Lesmana,maka akan banyak sekali blog atau website yang mengupas tentang profil,awal mula sampai ia berhasil menjadi blogger yang cukup sukses mengumpulkan ratusan juta rupiah setiap bulannya dengan mengikuti program adsense tersebut.

Namun akhir-akhir ini untuk mengikuti program Google Adsense terbilang sudah agak sulit karena pihak google sekarang ini menerapkan aturan yang sangat ketat.Bukan hal yang mudah memang untuk menjadi bagian dari adsense.Walaupun demikian tidak ada salahnya untuk kita coba.

Adapun syarat-syarat untuk mengikuti program adsense diantaranya adalah kita diharuskan untuk mempunyai sebuah blog/website.Kemudian isilah dengan konten atau tulisan yang bermanfaat dan hasil buah pemikiran Anda sendiri.Hindari melakukan copy paste karena percuma saja karena umpamanya Anda mendaftar adsense tetapi isi blog Anda merupakan hasil dari plagiat artikel orang lain.Inilah salah satu penyebab yang membuat pihak google menolak pengajuan pendaftaran kita.

Selain adsense program PPC lain juga dapat kita jadikan alternatif atau pilihan.Program PPC tersebut diantaranya adalah Revenue Hits,Chitika,Adversal,Clicksors dan masih banyak lagi yang lainnya.Walaupun program PPC di atas pembayarannya tidak sebesar adsense,tetapi kesempatan kita untuk diterima akan jauh lebih besar dikarenakan aturan yang diterapkan tidak seketat yang diberlakukan oleh google adsense.

Memanfaatkan Sosial Media dan Aplikasi Lain

Jika Anda tidak mempunyai sebuah blog atau website,sosial media seperti facebook dan twitter adalah 'lahan' yang sangat potensial untuk Anda gunakan dalam menawarkan barang dan jasa yang Anda miliki.

Keuntungan menggunakan sosial media diantaranya adalah komunikasi akan lebih cepat dengan adanya fasilitas messenger dan chatt.Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi lain seperti BBM,Whats App,dan masih banyak lagi.

Membuat Ebook dan Menjualnya

Pernahkah Anda mendengar kata Ebook? Ebook merupakan singkatan dari Electronic Book atau buku elektronik.Dewasa ini orang cenderung memilih ebook karena lebih praktis dan terkesan modern.Anda bisa membuat ebook tentang apa saja,umpamanya kumpulan resep masakan,tutorial hijab,tips kecantikan dan lain-lain.

Cara untuk membuat ebook juga bukan merupakan hal yang terlalu sulit.Anda bisa menuliskannya pada Microsoft Word terlebih dahulu,kemudian convert/rubah dan biasanya dengan menggunakan format PDF.Banyak sekali website atau tool yang menyediakan convert word ke pdf atau sebaliknya secara gratis.

Upload Video ke Youtube

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan situs video terbesar di dunia,yaitu youtube.Youtube merupakan situs video yang banyak diakses orang,dari sekedar menonton film kesayangan,menonton konser artis/band favorit sampai mencari berbagai tutorial.Lalu bagaimana cara agar youtube bisa kita jadikan alternatif untuk menambah penghasilan?.Gambaran sederhananya begini,Anda harus membuat sebuah akun youtube terlebih dahulu dan mengunggah video tentang apa saja asal bukan konten yang dilarang.Dan tentu saja video tersebut harus original hasil karya Anda sendiri.Langkah selanjutnya buatlah channel untuk video-video yang telah Anda unggah.Jika telah memiliki view yang cukup daftarkanlah akun youtube Anda untuk mengikuti program adsense.

Penutup

Itulah uraian singkat mengenai bagaimana cara memanfaatkan teknologi internet untuk menambah penghasilan.Semoga uraian sederhana ini dapat memberikan gambaran,motivasi dan juga dapat bermanfaat.Jangan berhenti untuk selalu mencoba belajar dan menggali lebih dalam.

(Rom).

No comments:

Post a Comment