9/30/16

Cara Sederhana Mengaktifkan Klik Kanan Pada Website yang Disable Right Click

Ketika browsing melalui internet,tujuan kita yang paling utama adalah untuk mencari beragam informasi yang bermanfaat dari sebuah situs atau website dan menyimpannya untuk kita jadikan referensi dan salin atau copy untuk kita simpan dengan format atau ekstensi yang berbeda,misalnya menjadi (dot) doc,text,pdf dan lain-lain.

Tetapi tidak semua website yang kita akses dapat kita salin isinya dengan mudah,terutama pada website atau situs yang menerapkan pengaturan Disable Right Click atau meniadakan klik kanan.Jadi ketika kita mencoba klik kanan pada mouse,biasanya akan tertera pesan "Sorry,this functionality has been disabled by administrator" karena admin situs tersebut tidak mengizinkan kita untuk melakukan klik kanan.Mungkin salah satu tujuannya agar semua konten yang terdapat dalam web tersebut tidak mudah untuk dicopy pihak lain dengam tujuan untuk duplikat konten atau semacamnya.

Ilustrasi Browsing/Photo by pexels.com

Lalu,Bagaimana Solusi Mengatasinya,Apakah Masih Dapat Kita Akses?

Lewat tulisan sederhana ini kita akan belajar bersama cara mengaktifkan klik kanan pada website yang menerapkan setting Disable Right Click,namun yang perlu Anda ketahui adalah agar hal ini jangan disalahgunakan,misalnya untuk tujuan copy paste konten secara mentah-mentah tanpa berusaha untuk mengedit isi dan mencantumkan link sumbernya,karena bagaimanapun kita harus tetap menghargai hasil karya orang lain.Kita tentu juga akan sangat merasa jengkel jika artikel atau tulisan hasil karya kita dicopy paste orang lain tanpa mencantumkan link sumber bukan? Nah,dari contoh di atas alangkah baiknya jika kita juga belajar untuk menghargai hasil karya orang lain.

Cara Sederhana Mengaktifkan Klik Kanan Pada Website yang Disable Right Click

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengaktifkan kembali klik kanan pada sebuah website atau blog antara lain melalui pengaturan pada browser dan dengan menggunakan aplikasi dari pihak ketiga.

A. Tanpa tool atau aplikasi dari pihak ketiga

--> Menggunakan sebuah kode

Pada metode ini kita akan menggunakan sebuah kode seperti di bawah ini :

javascript:void(document.oncontextmenu=null);

Cara menggunakannya cukup simpel saja.Ketika browsing dan kita menemukan sebuah website atau blog yang menerapkan settingan disable klik kanan,cukup copy kode di atas dan paste-kan pada address bar.Langkah terakhir adalah tekan Enter pada keyboard.Nah semoga saja sekarang Anda sudah bisa mengakses klik kanan yang tadi di-disable oleh admin website tersebut.

Mengaktifkan klik kanan pada website yang disable right click/copyright:https://thewindowsclub.com

Tetapi kelemahan dengan menggunakan cara ini adalah Anda harus mau untuk sedikit repot karena harus copy paste kode di atas setiap akan menggunakannya sewaktu-waktu.

--> Menonaktifkan javascript dari pengaturan

Kita bisa menonaktifkan javascript pada browser dan mencegah script untuk tetap aktif pada website dengan fitur disable right click.

Cara menonaktifkan java script

** Internet Explorer ( IE )

Untuk meninaktifkan javascript pada internet explorer langkah-langkahnya adalah buka Internet Explorer-->Security Tab-->pilih Internet Zone-->klik Custom Level.


Menonaktifkan Javascript pada Internet Explorer/Copyright:https://thewindowsclub.com

Pada jendela yang sudah terbuka Anda nonaktifkan saja Active Scripting kemudian Anda pilih Apply/Ok.Langkah terakhir adalah restart internet explorer Anda.

** Chrome

Untuk menonaktifkan javascript pada chrome,ikutilah langkah-langkah berikut : Klik Setting-->Show Advanced Setting-->Privacy-->Content Setting.

Menonaktifkan Javascript pada Chrome/Copyright:https://thewindowsclub.com

Pada jendela yang terbuka Anda pilih do not allow any site to run javascript.Jika Anda ingin mengadakan pengecualian,Anda pilih Manage Exception.Klik Ok kemudian restart chrome.

** Firefox

Pada firefox 2.3 sampai dengan versi terbaru,untuk menonaktifkan javascript adalah : Option-->Content-->Hilangkan ceklist pada enable javascript.Sekarang Anda ketik 'about:config' (tanpa tanda petik) pada address bar,kemudian tekan enter.Anda cari tulisan javascript.enabled,dobel klik pada toggle tersebut,ganti tulisan true menjadi false.Langkah terakhir restart firefox Anda.Untuk mengaktifkan javascript kembali,rubah tulisan false menjadi true.


Menonaktifkan Javascript pada Firefox/Copyright:https://thewindowsclub.com


** Opera

Cara menonaktifkan javascript pada opera adalah : Menu-->Setting-->Quick Preferences-->Uncheck Enable Javascript,kemudian langkah terakhir restart browser opera Anda.

Menonaktifkan Javascript pada Opera/Copyright:https://thewindowsclub.com

Setelah menonaktifkan javascript Anda kembali ke web browser lalu reload atau muat ulang browser tersebut.Jreng...kini  Anda telah bisa untuk mengakses klik kanan.Setelah selesai dengan keperluan tersebut,sebaiknya aktifkan kembali fitur javascript pada web browser Anda,karena javascript yang non aktif akan membuat sebuah browser tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

--> Menggunakan Metode Lain

Jika Anda hanya bertujuan untuk menyalin teks dari sebuah web,Anda bisa mempraktekkan cara yang lebih mudah yaitu dengan cara melihat source code dari web tersebut.Tekan Ctrl+U pada keyboard,cari teks yang diinginkan lalu Anda tinggal copy teks tersebut.

Metode lain adalah dengan cara menyimpan langsung halaman web tersebut ke dalam komputer Anda dengan menggunakan Ctrl+S pada keyboard.Untuk mengaksesnya Anda hanya tinggal klik 2 kali pada halaman web yang telah disave tersebut.

B. Menggunakan Tool Dari Pihak Ketiga

--> Menggunakan Web Proxy

Apakah yang dimaksud dengan web proxy itu? Secara simpel web proxy adalah sesuatu yang menghubungkan antara Anda dan internet.Dengan menggunakan proxy maka identitas Anda akan tersembunyi ketika mengakses internet,contohnya seperti IP Address yang Anda gunakan.

Contoh Web Proxy/Copyright:https://thewindowsclub.com

Situs yang menyediakan proxy antara lain Hide Me dan Filter by Pass.Cara menggunakannya juga cukup mudah,Anda hanya tinggal ketik atau paste url website yang menonaktifkan fitur klik kanan,cek opsi Remove Script untuk menjaga ada atau tidaknya script yang masih aktif pada web tersebut,kemudian tahap selanjutnya Anda pilih Go.


--> Menggunakan Ekstensi Browser


Jika belum menemukan cara yang dirasa cocok,Anda juga bisa mencari bantuan melalui web store.Cukup instal ekstensi pada web browser dan Anda tidak perlu lagi untuk berpusing ria.Ada beberapa ekstensi yang bisa Anda coba,antara lain RightToCopy untuk Chrome dan RightToClick untuk Firefox.


Catatan :

Saya ingatkan sekali lagi agar hendaknya kita selalu menghargai hasil karya orang lain.Sebuah situs yang menonaktifkan klik kanan mungkin mempunyai maksud dan tujuan tertentu,misalnya sebuah konten yang memang tidak diizinkan untuk disebarluaskan secara bebas dan sebagainya.Semoga dapat memberikan manfaat.

Editor : Roma Bardo
Sumber

No comments:

Post a Comment