9/8/16

4 Hal Sederhana yang Bisa Membuat Pasangan Bahagia

Dalam hidup,setiap manusia pasti menginginkan agar kehidupan yang dijalaninya dapat berjalan dengan bahagia.Ada banyak cara dan usaha yang dilakukan orang untuk dapat merengkuh sebuah kebahagiaan.Namun terkadang,banyak rintangan dan hambatan yang harus dilalui untuk mencapai usaha tersebut.

Tolok ukur kebahagiaan antara individu yang satu dengan yang lainnya memang berbeda.Setiap orang tentu saja mempunyai pandangan  dan penilaian sendiri-sendiri tentang arti sebuah kebahagiaan.Kebahagiaan atau rasa bahagia memang tidak selamanya dapat diukur dari segi materi yang kita punya.

Adakalanya seseorang telah cukup merasa bahagia karena mendapatkan pasangan yang setia dan bertanggung jawab.Ada yang cukup bersukacita karena dapat tinggal di rumah milik sendiri,dan sampai ke hal-hal kecil dan terkesan sepele,umpamanya ucapan 'Terima kasih' karena kita telah membantu meringankan beban orang lain juga dapat membuat kita merasa bahagia.
Happy couple/pexels.com
Mungkin diantara Anda sudah banyak yang berkeluarga atau memiliki seorang istri atau suami.Suami atau istri adalah seseorang yang telah ditakdirkan untuk menjadi pasangan hidup Anda,apapun dan bagaimanapun keadaannya,yang sebelumnya telah diikat melalui sebuah janji suci yang bernama pernikahan.

Anda tentu masih ingat bukan,waktu pertama kali bertemu dengan seseorang yang kini telah sah menjadi pasangan Anda?.Janji-janji manis yang pernah Anda obral dulu ketika masih berpacaran atau diawal usia pernikahan,apakah masih Anda ingat dan taati hingga sekarang ini?.

Dalam kehidupan berumah tangga,membahagiakan pasangan adalah hal yang wajib untuk selalu dilakukan,karena bagaimanapun keadaan Anda,pasangan Anda lah yang menjadi orang pertama kali mengerti dan memahami situasi yang sedang Anda alami dan hadapi.

Sebenarnya tidak perlu hal-hal yang rumit untuk membuat pasangan merasa bahagia.Anda dapat melakukan hal-hal kecil dan sederhana sebagai berikut,asal didasari dengan niat yang tulus pasti semuanya akan dapat berjalan sesuai dengan apa yang Anda harapkan.

Memberikan Pujian

Apapun dan bagaimanapun keadaan pasangan Anda,dialah orang yang selama ini setia menemani Anda saat suka dan duka.Oleh karenanya sering-seringlah untuk melontarkan pujian pada pasangan,misalnya "Papa pintar" atau "Mama cantik",sebuah kata yang cukup sederhana namun dapat membuat pasangan Anda merasa bahagia,asalkan Anda memberikan pujian tersebut secara tulus.

Hindari Berkata Kasar atau Membentak

Dalam kehidupan berumah tangga terkadang ada saja masalah yang datang menghampiri.Sebuah kejadian yang cukup wajar memang,karena dalam hidup ini tidak ada yang berjalan mulus layaknya sebuah tol dan akhir cerita yang indah seperti dalam sinetron.

Adanya masalah yang berkepanjangan memang dapat membuat pikiran stress dan tertekan,sehingga terkadang seseorang menjadi tidak terkendali dan pada akhirnya sangat mudah untuk mengeluarkan bentakkan dan kata-kata kasar yang hanya akan membuat hati pasangan terluka.Contoh kasus adalah anak-anak yang membuat masalah,entah itu dengan teman maupun dengan orang lain.Anda dan pasangan sebagai orang tua  mau tidak mau juga harus terlibat dalam masalah ini,dan orang yang pertama kali Anda ajak untuk beradu argumen untuk mencari solusi terbaik dari adanya problem ini tentunya pasangan Anda bukan?

Dalam situasi yang demikian terkadang emosi lebih mudah untuk muncul ke permukaan,sehingga bentakan dan kata-kata kasar tak terhindarkan lagi.Namun,alangkah baiknya untuk Anda renungkan kembali bahwa Anda berdua adalah orang yang sama-sama telah dewasa,dan seharusnya dapat lebih bijak dalam menyelesaikan setiap masalah yang terjadi.Seberat apapun masalah yang terjadi,usahakan untuk menyelesaikannya dengan pikiran tenang dan kepala yang dingin.Kuburkan dalam-dalam ego yang ada,dan ingat,hindari berkata kasar dan membentak pasangan karena hal tersebut hanya akan membuat sebuah masalah menjadi lebih rumit.

Tolong dan Terima kasih

Tolong dan Terima kasih adalah kata-kata yang sederhana,namun memiliki makna yang cukup dalam.Terkadang dalam kehidupan berumah tangga kata-kata tersebut sudah jarang terdengar bahkan mungkin tidak pernah terucap lagi.Sebaiknya,ubah kebiasaan Anda,awali dengan kata 'tolong' jika Anda meminta pasangan untuk melakukan sesuatu,dan akhiri dengan kata 'terima kasih'.Hal yang sebenarnya cukup simpel untuk dilakukan,namun dapat membuat pasangan bahagia karena merasa dihargai.

Membantu Pekerjaan Rumah

Untuk suami,perlu Anda ketahui bahwa pekerjaan rumah bukan hal mutlak yang menjadi tanggung jawab seorang istri saja.Seorang suami juga harus turut berpartisipasi di dalamnya.Bantulah istri ketika Anda sedang tidak bekerja atau hari libur.

Bagi yang tidak mempunyai asisten rumah tangga,bantulah istri Anda sebisanya,misalnya menyapu halaman atau mengganti popok si kecil.Tentu pasangan Anda akan merasa bahagia karena melihat Anda sebagai pribadi yang penuh kasih sayang dan tanggung jawab.

Itulah empat poin sederhana yang bisa Anda terapkan agar pasangan merasa bahagia.Hal yang terkesan sederhana,namun jika tidak terbiasa tentunya akan terasa berat untuk dilakukan karena masing-masing individu tetap berpegang teguh pada egonya.

(Rom).

No comments:

Post a Comment