9/11/16

Cara Sederhana Cut,Copy dan Paste Menggunakan Mouse dan Keyboard pada Windows

Windows adalah sebuah OS [Operating systems] yang memiliki banyak pengguna.Selain memiliki fitur yang cukup lengkap,windows juga tergolong mudah dalam pengoprasiannya.Untuk yang baru pertama kali mengenal dan mengoperasikan sebuah komputer,windows dapat dijadikan sebagai alternatif untuk bahan belajar bagaimana cara menggunakan sebuah komputer dan mengenal perintah-perintah di dalamnya.

Copy-Paste ( Poto:Shutterstock)

Banyak sekali hal-hal yang dapat dipelajari dari sebuah komputer.Dari masalah hardware atau piranti keras sampai software atau piranti lunak.Sebuah komputer memang dibuat untuk meringankan dan mempermudah pekerjaan manusia,oleh karena itu sebagai pengguna kita diharuskan untuk menguasai apa yang ada di dalamnya,tentu saja dengan tujuan untuk mempermudah setiap pekerjaan yang kita lakukan.Salah satu perintah dalam komputer dan harus kita kuasai adalah bagaimana cara cut,copy dan paste.

Cara Sederhana Cut,Copy dan Paste Menggunakan Mouse dan Keyboard pada Windows.


Cut,copy dan paste sebenarnya adalah perintah yang sangat basic atau mendasar yang ada pada windows,dan merupakan salah satu perintah yang cukup simpel.Tetapi bagi orang yang baru mengenal dan menggunakan komputer,seringkali mencari artikel tutorial bagaimana cara men-cut,copy,dan paste dengan menggunakan mouse serta keyboard.Tulisan ini dimaksudkan sebagai bahan pencerah bagi Anda yang baru mulai mengopreasikan sebuah komputer dan belum paham betul seluk beluk di dalamnya.

Perbedaan Antara Cut dan Copy

Sebelum melangkah lebih jauh alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu tentang perbedaan antara cut dan copy.
Yang dimaksud cut dan paste adalah ketika Anda "mengambil" sebuah file gambar atau teks dari folder A kemudian Anda pindahkan /pastekan ke folder B,maka file yang berada di folder A tadi akan hilang ( karena telah Anda pindahkan ke folder B ).

Sedangkan jika Anda melakukan copy umpamanya dari folder C ke folder D,maka file yang berada di folder C tadi masih utuh seperti sediakala karena file yang Anda ambil dari folder C tadi hanya merupakan duplikat.Jadi jelas bukan?.Ringkasnya begini:Jika cut adalah "mengambil" secara utuh,tetapi copy hanya merupakan salinan file yang Anda ambil atau pindahkan.

Cut,Copy dan Paste Dengan Menggunakan Mouse

Untuk men-cut atau copy sebuah file atau folder pada komputer sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan.Anda hanya tinggal klik kanan pada mouse kemudian pilih cut atau copy.Kemudian Anda tinggal memilih tempat atau folder di mana file tersebut akan Anda simpan.Lalu klik kanan kembali pada mouse kemudian Anda pilih "paste".Ternyata sangat simpel bukan?.

a. Untuk cut atau copy sebuah gambar dari satu folder ke folder lain caranya adalah letakkan cursor ( tanda panah ) pada gambar yang Anda inginkan,klik kanan mouse Anda,kemudian pilih cut atau copy sesuai keinginan.Untuk paste klik kanan kembali mouse pada folder yang Anda inginkan kemudian langkah terakhir pilih "paste".

b. Untuk cut atau copy sebuah file teks,langkah-langkahnya adalah arahkan cursor Anda pada teks yang diinginkan,untuk memilih teks yang ingin Anda cut/copy klik kiri mouse Anda,tekan dan geser sesuai teks yang ingin Anda copy.Maka teks yang telah Anda pilih untuk dicopy akan mempunyai warna yang berbeda.Langkah terakhir adalah klik kanan mouse Anda,lalu pilih cut atau copy.Untuk mem-pastenya,klik kanan kembali pada mouse Anda lalu pilih "paste".

Cut,Copy dan Paste Menggunakan Shortcut pada Keyboard

Anda sudah mengetahui bagaimana cara cut,copy dan paste dengan menggunakan sebuah mouse yang ternyata cukup mudah untuk dilakukan.Sekarang kita akan membahas cara cut,copy dan paste dengan menggunakan shortcut pada keyboard yang tentunya akan lebih mudah dan cepat.Memang tidak semua pengguna PC suka menggunakan shortcut keyboard,namun Anda perlu mengetahui jika sewaktu-waktu mouse yang Anda gunakan hang atau eror sehingga mau tidak
mau Anda harus menggunakan keyboard sebagai solusinya.

- Shortcut keyboard untuk select all (pilih semuanya) : Ctrl+A
- Shortcut keyboard untuk Cut : Ctrl+x
- Shortcut keyboard untuk Paste : Ctrl+V

Pilih file,folder atau gambar dengan menggunakan Ctrl+X atau Ctrl+V.Anda tidak harus membuka folder yang diinginkan untuk menyimpan file tersebut dan cukup gunakan Ctrl+V untuk mem-pastenya.Jika Anda ingin memilih file secara keseluruhan pada sebuah folder cukup dengan Ctrl+A kemudian Anda tinggal cut,copy dan paste menggunakan cara-cara yang sudah dijelaskan di atas.

Untuk memilih bagian teks dengan menggunakan keyboard yang pertama harus Anda lakukan adalah letakkan cursor pada area teks,tekan Ctrl+Shift dan tanda panah kiri kanan sesuai keinginan.Tetap tekan tombol panah tersebut untuk memilih teks yang diinginkan dari kiri ke kanan.Gunakan tombol panah yang ke atas (up) dan bawah (down) untuk memilih paragraf.Jika Anda ingin memilih teks secara keseluruhan,Anda hanya perlu menekan tombol Shift+Home pada keyboard.

Memindahkan atau Copy Dengan Menggunakan Command Prompt

Sekarang adalah metode bagi Anda yang telah cukup lama menggunakan komputer.Anda juga dapat menggunakan command prompt yang terdapat pada komputer untuk memindahkan atau copy file.Pertama yang harus diketahui adalah file yang ingin dipindahkan atau copy kemudian kemana file tersebut akan Anda simpan selanjutnya.

Sekarang klik start pada windows 10 Anda,lalu pilih command prompt.Berikut ini adalah kode yang akan kita gunakan.
- Untuk Copy
Copy [/d][/v][/n][{/y|/-y}][{/a|/b}]
Source [{/a|/b}] [+ Source [{/a|/b}][+ ...]]

- Untuk Memindahkan
move [{/y|/-y}] [Source] [target]

Copy dan pastekan kode tersebut pada command prompt.Sekarang Anda telah mengetahui trik simpel untuk menyalin dan memindahkan file dari satu folder ke folder yang lain yang tentunya akan mempermudah pekerjaan Anda.Semoga bermanfaat.

(Rom).

No comments:

Post a Comment