9/7/16

Unik,PO Brilian,Sleeper Bus Pertama di Indonesia!

Sleeper bus atau bus dengan fasilitas tempat tidur sebenarnya sudah bukan menjadi barang baru lagi di negara maju seperti negara-negara di Eropa.Sedangkan untuk kawasan Asia sendiri sudah ada Jepang,Thailand,dan juga Malaysia yang menggunakan transportasi bus dengan fasilitas yang sama.

Penampakkan Bus Brilian dari Depan ( copyright :Arbi/Detik Travel )

Namun untuk Indonesia sendiri,seperti yang banyak diwartakan dan akhir-akhir ini menjadi viral di sosial media,bahwa baru pertama kali ada perusahaan transportasi jenis bus yang melengkapi armadanya dengan fasilitas tempat tidur.

Adalah P.O Brilian,sebuah perusahaan bus yang berbasis di kota Satria,Purwokerto yang diklaim sebagai pionir munculnya sleeper bus di Indonesia.Brilian adalah sebuah sleeper bus dengan kapasitas 20 orang penumpang,dan untuk performa pada dapur pacunya,bus ini menggunakan mesin keluaran Jepang,yaitu Hino R260.Sedangkan untuk urusan 'baju luar' atau karoseri,bus ini menggunakan perusahaan karoseri yang sudah cukup lama malang melintang dalam dunia transportasi Indonesia,yaitu Adi Putro.

Interior Bus Brilian ( copyright : Arbi/Detik Travel )

Seperti yang bisa kita lihat dari poto-poto yang banyak diunggah ke sosial media,pada bus ini kita tidak akan menjumpai adanya bangku tegak layaknya bus-bus pada umumnya.Interior bus ini berisi deretan tempat tidur yang menggunakan desain tingkat dengn ukuran panjang 190 cm dan lebar 90 cm.

PO ini melayani trayek Jakarta-Purwokerto-Wonosobo PP.Saat ini PO Brilian memiliki dua armada dengan fasilitas sleeper bus.Selain fasilitas tempat tidur,pada bus ini dapat kita temui beberapa fasilitas yang lain dan tentunya akan sangat memanjakan penumpang seperti TV LED dengan ukuran monitor 14 Inchi yang ada pada masing-masing bed,Akses WIFI,santap malam,hingga sendal tipis khusus penumpang layaknya ketika kita menginap pada kamar hotel.

Menurut kepala bagian operasional PO Brilian,Rizki Burhan Prabowo seperti yang dikutip dari Detik Travel mengatakan : "Biasanya penumpang yang menggunakan bus ini sebagian besar adalah penumpang yang tidak mendapatkan tiket kereta api.Seperti pada liburan Idul Fitri yang lalu,banyak yang pulang ke kampung halaman dengan menggunakan jasa kereta api,tetapi ketika arus balik banyak yang penasaran dan akhirnya menggunakan bus ini".

Masih menurut Rizki,tarif yang dikenakan bus ini untuk sekali perjalanan dari Puwokerto menuju Jakarta atau arah sebaliknya,penumpang akan dikenakan biaya tiket sebesar Rp.210 ribu.Sedangkan untuk rute Jakarta-Wonosobo atau sebaliknya,pihak bus akan mengenakan tarif Rp.240 ribu.

"Namun bagi Anda yang membawa anak usia dibawah lima tahun,maka pihak bus tidak akan memberikan tarif tambahan untuk anak",sambung Rizki.

Kehadiran PO Brilian tentu akan membawa warna tersendiri bagi kemajuan dunia transportasi di Indonesia,terutama yang berkaitan dengan fasilitas dan kenyamanan penumpang.Tidak menutup kemungkinan,perusahaan-perusahaan bus lain juga turut berlomba-lomba untuk mengikuti jejak dari PO Brilian ini.Bagaimana,Anda penasaran untuk mencobanya?.

( Rom).

No comments:

Post a Comment