9/16/16

Baca Gan,Inilah 6 Aturan 'Gila' Pemerintah Korea Utara Bagi Rakyatnya

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan negara Korea Utara atau Korut bukan?.Negara yang berada di semenanjung Korea ini berbatasan langsung dengan Tiongkok atau RRT di sebelah utara dan Korea Selatan yang merupakan musuh bebuyutan di sebelah selatan semenanjung tersebut.

Sudah sejak lama bahwa duo Korea ini tidak pernah rukun,apalagi sampai membuka hubungan diplomatik dan selalu saja terjadi ketegangan diantara keduanya.Salah satu yang menjadi bahan pemicu adalah karena Korea Utara selalu mengintimidasi Korea Selatan dengan cara pamer kekuatan militer dan juga ujicoba senjata nuklir.

Korea Utara merupakan negara yang tertutup,artinya negara ini selalu mengisolasikan dirinya dari dunia luar.Mereka sangat anti dengan paham dan budaya dari negara lain,apalagi kebudayaan yang berasal dari negara-negara Eropa dan Amerika Serikat.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un dengan gaya rambut yang harus diikuti oleh warga negaranya.( source:flickr.com).


Sampai saat ini Korea Utara masih dipimpin oleh seorang pemimpin partai ( atau lebih tepatnya disebut diktator ) yaitu Kim Jong-Un.Jong-Un merupakan cucu dari pendiri Korea Utara,Kim Il-Sung.Kim Jong-Un merupakan seorang diktator yang sewenang-wenang  dan paling berkuasa di Korea Utara saat ini.Siapa saja yang berani melawan dan melanggar kebijakannya maka hidupnya akan berakhir di tiang gantungan maupun pucuk senapan.Singkatnya,setiap perkataan yang keluar dari mulut Kim Jong-Un merupakan undang-undang yang harus ditaati dan dilaksanakan seluruh rakyatnya tanpa terkecuali.

Selain terkenal dengan kesewenang-wenangannya,pemerintahan Korea Utara dibawah kendalinya juga membuat aturan-aturan yang terkesan gila dan tidak masuk akal untuk diterapkan kepada rakyatnya.Dibawah ini adalah 6 diantaranya,aturan koplak pemerintah Korea Utara terhadap warganya.

Aturan Gaya Rambut

Jika misalnya tinggal di Korea Utara,jangan harap Anda dapat mempunyai gaya atau potongan rambut model masa kini atau mirip sang idola.Mengapa?,ya karena pemerintah Korea Utara mempunyai aturan tersendiri yang menyangkut model potongan rambut bagi warga negaranya.

Seperti yang diwartakan Daily Mail,akibat dari adanya peraturan tersebut tempat potong rambut di kota Pyongyang banyak menerima protes dari pelanggannya dikarenakan banyak yang tidak suka dengan gaya rambut sang diktator.Adapun gaya rambut yang direkomendasikan Kim Jong-Un untuk laki-laki adalah botak pada bagian kanan dan kiri,namun tebal dibagian atasnya.Cukup membuat geli yang melihatnya bukan?.Adapun jika umpamanya Anda tidak suka dengan model tersebut,pemerintah Korea Utara telah mengeluarkan 28 model potongan rambut yang diperbolehkan.

Sita Ponsel yang Dapat Akses Internet

Ini dia aturan gila yang kedua.Pemerintah Korea Utara akan menyita dan menyegel ponsel setiap warganya yang kedapatan bisa untuk mengakses internet.Teknologi internet di Korea Utara memang sangat dibatasi,bahkan negara tersebut sampai membuat OS ( Operating System ) sendiri dengan nama Red Star yaitu sebuah operating system berbasis linux.

Tujuannya adalah agar tidak ada penyusup yang dapat mencuri data-data negara tersebut.Beruntung bagi kita yang tinggal di Indonesia ini masih bisa dan secara bebas untuk mengakses internet melalui ponsel.Tetapi juga harus tetap menjaga etika,agar jangan sampai kita terjerat UU ITE.

Makan Rumput Saat Gagal Panen

Peraturan yang satu ini mungkin sudah bukan gila lagi,tetapi telah menjurus ke hal-hal yang kejam dan sadis.Aturan ketiga ini pemerintah Korea Utara memerintahkan kepada warganya untuk memakan akar rumput saat gagal panen.Memang Korea Utara pernah mengalami wabah kelaparan yang dahsyat akibat gagal panen yang terjadi pada tahun 1990.

Adapun peraturan ini mengemuka setelah China sepakat menjatuhkan sanksi yang lebih berat ke Korea Utara akibat negara ini yang tetap membangkang untuk segera menghentikan percobaan senjata nuklirnya,seperti yang ditulis Daily Mail.


Memuja Kim Il-Sung Layaknya Tuhan


Kim Il-Sung merupakan sosok yang menggagas berdirinya Korea Utara dan merupakan kakek dari Kim Jong-Un yang menjadi pemimpin sekarang ini.Kim Il-Sung adalah presiden Korea Utara dengan masa jabatan yang tidak terbatas.Itu artinya sang anak ( Kim Jong-Il ) dan cucunya ( Kim Jong-Un ) hanya berstatus sebagai pemimpin partai saja.

Itulah yang menjadi salah satu alasan warga di Korea Utara sangat mengkultuskan Kim Il-Sung.Di Korea Utara,tepatnya di kota Pyongyang terdapat patung Kim Il-Sung yang terbuat dari batu alam dengan ketinggian mencapai 120 meter.Patung tersebut digunakan sebagai tempat sesembahan warga Korea Utara.Bahkan sistem penanggalan atau kalender di negara itu saja dimulai dari tanggal kelahiran Kim Il-Sung,yaitu 15 April 1912.

Mengelompokkan Penduduk Kedalam Kasta

Selain dikenal dengan aturan-aturan yang tidak masuk akal dan menuai kontroversi,Pemerintah Korea Utara juga ternyata berlaku diskriminatif terhadap warga negaranya.
Konon di Korea Utara terdapat 51 kasta atau pengelompokkan penduduk sesuai dengan tingkat dan hak yang berbeda-beda.

Kebijakan diskriminatif ini mulai diberlakukan sejak tahun 1957 yang digagas oleh Kim Il-Sung.Tidak mengherankan jika mobil dan motor di Korea Utara termasuk barang langka karena hanya pejabat partai dan petinggi militer yang berhak menggunakannya.Jalan-jalan di Korea Utara juga dikategorikan sebagai salah satu jalan terlengang di dunia karena jumlah kendaraan yang terbatas.

Melarang Warganya Memakai Jeans

Bukan hanya soal gaya rambut saja yang diatur oleh negara.Di Korea Utara,fashion dan gaya hidup rakyatnya juga tidak luput dari aturan pemerintah.Entah apa yang menjadi alasannya,warga di Korea Utara ini dilarang keras untuk memakai pakaian dengan bahan dasar jeans.Mungkin karena jeans merupakan produk dan budaya yang berasal dari negara barat,sedangkan Korea Utara adalah negara yang paling vokal menentang kebijakan-kebijakan negara barat,salah satunya Amerika Serikat.

Itulah aturan nyeleneh yang ada di Korea Utara.Kita sebagai warga negara Indonesia sudah sepantasnya merasa bersyukur karena masih bisa mengeluarkan pendapat,memilih gaya fashion sesuai selera kita,memiliki barang apapun yang kita inginkan dan masih bisa menikmati hidangan yang layak.

(Rom).


No comments:

Post a Comment