9/25/16

Cara Sederhana Memproteksi File dan Folder Pada Windows

Memproteksi file dan folder yang terdapat pada netbook dan komputer yang menggunakan OS ( Operating System ) khususnya Windows memang sangat perlu untuk dilakukan.Apalagi jika file atau folder tersebut berisi dokumen penting dan rahasia yang tidak boleh diketahui orang atau pihak lain selain diri Anda sendiri.

Tentunya Anda akan sangat kecewa,bahkan mungkin bisa menjadi sebuah masalah yang serius jika file atau folder rahasia Anda dapat dengan mudahnya diakses dan bahkan disalahgunakan oleh pihak tertentu dengan tujuan mencari keuntungan pribadi.Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan maka sudah seharusnya sebuah file atau folder kita proteksi atau beri perlindungan.



Bagi Anda pengguna Windows,inilah tahap-tahap yang harus dilakukan untuk memproteksi file atau folder yang ada pada komputer atau netbook Anda.Namun,tidak semua komputer berbasis windows mendukung proteksi file dan folder secara langsung.Bagi Anda yang menggunalan Microsoft Windows 3.x,Windows 95,dan Windows 98 Anda membutuhkan sebuah software atau aplikasi tambahan untuk memproteksi file dan folder rahasia Anda.

*Tips :
Sebelum memproteksi file dan folder yang Anda inginkan,alangkah baiknya backup atau copy data Anda terlebih dahulu,misalnya Anda copy dan simpan pada sebuah flashdisk.Hal ini bertujuan jika suatu saat Anda lupa password untuk mengakses file atau folder tersebut Anda masih mempunyai salinannya.


Komputer berbasis Windows Vista,Windows 7 dan Windows 8


Bagi Anda yang menggunakan komputer atau netbook dengan basis Windows Vista,7 dan 8,langkah-langkah untuk memproteksi file atau folder adalah sebagai berikut.

--> Pilih file atau folder yang ingin Anda lindungi dengan password

--> Klik kanan pada file atau folder tersebut,kemudian Anda pilih 'Properties'

--> Anda pilih 'Advanced'

--> Centang kotak 'Encrypt contents to secure data'

--> Klik 'Apply' kemudian 'Ok'

Catatan :

Jika Anda tidak menjumpai pilihan seperti yang tertera di atas berarti windows yang Anda gunakan not support atau tidak mendukung layanan tersebut.Berarti juga Anda tidak bisa memproteksi file dan folder yang Anda inginkan.Dan kemungkinan hard drive yang digunakan untuk menyimpan file Anda tidak menggunakan format NTFS ( New Technology File Systems ),dimana format tersebut adalah yang mendukung dalam perlindungan file atau folder.

Microsoft Windows Xp Professional

Tahap berikut adalah bagi Anda yang menggunakan basis Microsoft Windows Xp Professional dengan dua akun atau lebih,misalnya fasilitas kantor.

--> Pilih file atau folder yang ingin Anda lindungi

--> Klik kanan pada file atau folder lalu pilih 'Properties'

--> Pada General Tab Anda pilih 'Advanced'

--> Centang pada box 'Encrypt contents to secure data'

--> Klik 'Apply' kemudian 'Ok'

Catatan :

Anda tidak akan menerima perintah untuk memasukkan password pada Windows Xp Pro.Namun Anda tidak perlu khawatir karena akun lain yang terdapat pada komputer yang Anda gunakan tidak bisa mengakses file dan folder tersebut.File dan folder yang telah terproteksi akan berubah warna menjadi abu-abu.

Windows Xp Home

Jika Anda adalah pengguna Windows Xp Home,langkah-langkah yang harus dilakukan adalah

--> Pilih folder atau file yang Anda inginkan

--> Klik kanan pada file atau folder lalu pilih 'Properties'

--> Klik 'Sharing'

--> Centang pada kotak 'Make this folder private'

--> Klik 'Apply' kemudian 'Ok'

Folder yang telah terproteksi akan berubah menjadi abu-abu.

Catatan :

Agar opsi ini dapat bekerja pada Windows Xp Home Edition,Anda harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut.

- Format Hard drive harus NTFS dan bukan FAT 32

- Folder yang akan Anda lindungi adalah folder pribadi milik Anda.Sebagai contoh Anda bernama Poniman,maka Anda hanya bisa melindungi file atau folder dimana Anda menyimpan folder tersebut,misalnya : C\Document and Setting\Poniman.Anda tidak bisa memproteksi file dan folder diluar yang sudah ditentukan.

Jika Anda ingin memproteksi folder lain selain folder pribadi,Opsi yang bisa Anda pilih adalah :

> File dan folder yang tidak sering dibuka atau digunakan

Untuk jenis file dan folder yang jarang dibuka atau digunakan,Anda bisa mengarsipkannya menggunakan aplikasi pengkompressan seperti Winrar,Winzip dan lain-lain kemudian baru Anda proteksi dengan sebuah password.

> Windows Xp dan Windows ME

Windows Xp dan ME telah dilengkapi dengan tool bawaan yang dapat digunakan untuk mengkompress file dan memproteksinya dengan sebuah password.

> Windows Vista dan Windows 7

Pada kedua Windows jenis ini juga telah terdapat tool bawaan yang hanya berfungsi dalam pengkompressan file.Tetapi untuk memproteksinya dengan sebuah password Anda diharuskan untuk menginstall aplikasi dari pihak ketiga.Semoga bermanfaat.

(Rom).

No comments:

Post a Comment