9/23/16

Tutorial Simpel Membuat Photo Book Secara Online

Bagi Anda yang gemar ber-selfie ria tentunya telah banyak sekali poto yang telah Anda upload,terutama sebagai koleksi pada sosial media seperti facebook dan instagram.Setiap poto yang Anda unggah tentunya memiliki kenangan tersendiri bagi Anda dan juga orang-orang terkasih.

Anda tentu berkeinginan untuk membuat poto-poto yang penuh moment berkesan tersebut menjadi sesuatu hal yang lebih menarik bukan?.Kini dengan semakin canggihnya teknologi manusia cenderung dimudahkan dalam berbagai bidang,tak terkecuali yang menyangkut dengan dunia fotografi.

Tampilan halaman utama situs pastbook

Bagi Anda yang mungkin tertarik untuk membuat poto-poto yang ada pada akun sosial media agar lebih terkesan istimewa,kini Anda bisa membuatnya secara online dengan nama Photo Book.

Apakah yang dimaksud Photo Book itu?

Photo Book adalah sebuah buku yang berisi rangkaian poto-poto yang berkaitan satu sama lain.Photo Book merupakan album poto yang didesain dan di-layout terlebih dahulu lalu dicetak dan dijadikan sebuah buku.

Kaitan antara poto-poto tersebut bisa mempunyai satu atau beberapa tema.Tema-tema yang biasa dipakai untuk membuat sebuah photo book dapat bermacam-macam seperti wedding,wisuda,baby born,pre-wedding,promosi komersial bahkan acara wafatnya seseorang pun bisa dijadikan sebuah photo book.

Tutorial  Membuat Sebuah Photo Book Secara Online

Untuk membuat sebuah photo book secara online,kita bisa menggunakan jasa sebuah situs yang bernama Pastbook.Pastbook adalah sebuah website yang menyediakan jasa pembuatan photo book online secara free atau gratis.Jadi tenang,karena Anda tidak akan dipungut biaya sepeserpun untuk bisa menikmati jasa yang disediakan situs ini.

Anda hanya perlu mengakses website tersebut untuk merubah poto-poto sosial media Anda menjadi sebuah photo book yang menarik.Melalui Pastbook Anda juga dapat menggunakan poto-poto yang disimpan pada media lain seperti flickr,picasa,komputer,netbook dan lain-lain.

Fitur-fitur yang terdapat dalam Past Book

- Anda dapat membuat Photo Book khusus dengan poto atau gambar dari platform yang berbeda

- Dapat memilih waktu yang diinginkan,misalnya bulan dan tahun untuk membuat Photo Book

- Dapat dibagikan melalui jejaring sosial seperti facebook dan twitter.


Untuk upload poto Anda dapat menggunakan

> Facebook
> Instagram
> OneDrive
> Dropbox
> Flickr
> Google Drive
> Gmail
> Picasa
> Evernote
> WebDav
> Box
> Webcam Snapshot
> Hard Drive

Past Book adalah sebuah Online Service yang termasuk simpel untuk kita gunakan.Jika Anda ingin membuat photo book,langkah pertama Anda harus mengakses halaman utama dari web tersebut.Kemudian klik Start Now,maka Anda akan diarahkan ke tahap selanjutnya dan pada tahap ini Anda pilih poto-poto yang akan dijadikan photo book,cari dimana Anda menyimpan poto-poto tersebut.

Misalnya dalam tulisan ini kita akan menggunakan poto dari facebook,tetapi ada beberapa website lain yang mendukung untuk upload poto,maka akan tampak seperti gambar berikut.

Platform yang didukung untuk upload poto pada website pastbook

Anda dapat me-montage atau mengkomposisi beberapa poto setelah semua poto yang akan dijadikan photo book ter-upload.Apabila Anda ingin mendapatkan ide untuk montage poto Anda bisa menggunakan aplikasi,salah satunya adalah Collagerator.

Setelah Anda menentukan poto yang ingin diunggah berasal dari facebook maka akan ada opsi atau pilihan untuk menentukan tahun atau bulan dari poto yang ingin digunakan.Ada baiknya jika waktu kita mengunggah poto-poto pada akun sosial media,kita tulis tanggal,bulan,dan juga tahun.Hal tersebut akan sangat membantu jika kita mencari poto-poto yang akan dijadikan photo book berkaitan dengan hal-hal penting atau spesifik,misalnya hari ulang tahun,tanggal pernikahan dan sebagainya.

Setelah Pastbook selesai loading maka poto-poto yang telah Anda sortir akan terunggah ke photo book.Dalam tahap ini Anda akan menjumpai beberapa opsi atau pilihan yang dapat digunakan.Anda dapat mengatur poto,menambahkan poto,melihat preview dan membagikannya ke teman-teman Anda.Melalui Customizing Tab Anda dapat edit warna halaman,judul halaman,deskripsi halaman,hapus poto,unggah poto dan lain-lain.Anda juga bisa membagikan ke teman-teman photo book yang telah Anda buat melalui facebook dan twitter.


Itulah tutorial simpel jika Anda ingin membuat poto-poto unggulan Anda menjadi lebih berkesan.Jangan sampai poto-poto yang penuh moment bahagia tersebut terbengkalai begitu saja dan hanya sebagai penghias akun sosial media Anda,semoga bermanfaat.

( Rom ).

No comments:

Post a Comment