9/14/16

Tips Sederhana Merawat Netbook Agar Awet dan Performa Stabil

Netbook merupakan gadget yang mempunyai peranan penting bagi kehidupan kita sehari-hari seiring dengan kemajuan teknologi.Selain berguna untuk membantu dalam menyelesaikan tugas sekolah,kampus ataupun pekerjaan kantor,sebuah netbook juga dapat kita fungsikan sebagai sarana hiburan,misalnya untuk memutar file musik dan film kesayangan serta tidak ketinggalan pula sebagai alat sreaming video yang langsung dapat kita akses secara online.

Netbook ( Photo:pexels.com )
Antara netbook yang satu dengan yang lain mungkin tidak akan pernah sama.Selain dipengaruhi oleh spesifikasi yang berbeda,tiap netbook tentu saja mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing-masing sesuai dengan tipe dan merk yang digunakan.Namun seperti barang pada umumnya,sebuah netbook juga membutuhkan perawatan,tujuannya yaitu agar awet dan mempunyai performa yang stabil.

Tips Sederhana Merawat Netbook Agar Awet dan Performa Stabil

Bagi Anda yang mempunyai netbook di rumah,dan agar gadget tersebut dapat awet serta mempunyai performa yang stabil untuk digunakan,berikut ini ada beberapa tips sederhana yang bisa Anda  terapkan.

Hardware

Yang dimaksud dengan hardware pada netbook adalah semua yang mencakup bagian-bagian piranti keras dari netbook itu sendiri.Contoh komponen hardware pada sebuah netbook adalah : cassing,mouse,keyboard,hard disk,baterai netbook,RAM,dan masih banyak lagi.Untuk merawat komponen hardware pada netbook agar awet,Anda bisa menerapkan tips sederhana seperti berikut ini.

1. Berusaha menjaga agar netbook tidak sering terjatuh

Point pertama yang harus Anda perhatikan agar netbook dapat lebih awet adalah dengan cara berusaha menjaga agar netbook tidak sering terjatuh.Netbook merupakan sebuah barang yang termasuk cukup sensitif.Jika sebuah netbook sering terjatuh,maka selain cassing atau bagian hardware lainnya rusak dan pecah juga dikhawatirkan dapat mempengaruhi komponen di dalamnya.Memang terkadang ada saja kejadian yang tanpa kita sengaja,tetapi alangkah baiknya jika kita selalu memperhatikan tempat yang biasa kita gunakan untuk meletakkan netbook.

2. Hindari menuangkan cairan apapun pada netbook

Netbook adalah perangkat elektronik yang menggunakan sumber daya baterai dan juga arus listrik.Menuangkan cairan pada netbook selain dapat merusak bagian fisik dari netbook tersebut juga dikhawatirkan dapat menimbulkan hubungan arus pendek atau konsleting sehingga dapat merusak komponen sensitif yang ada di dalamnya.

Selain itu efek yang lebih mengerikan dari adanya hubungan arus pendek adalah terjadinya kebakaran.Jadi sebaiknya waspadalah dan rawat dengan baik barang-barang yang ada di sekitar kita.

3. Bersihkan netbook secara rutin

Debu dan partikel-partikel lain adalah biang yang dapat membuat kotor barang apapun,tak terkecuali sebuah netbook.Untuk itu sebaiknya bersihkanlah netbook Anda secara rutin.Selain merusak pemandangan dan terkesan jorok,netbook yang kotor juga dapat berpengaruh terhadap komponen-komponen lainnya sehingga tidak bisa berfungsi secara normal.

Anda dapat menggunakan sebuah kuas kering untuk membersihkan kotoran yang menempel di sela-sela keyboard.Untuk bagian monitor Anda dapat menggunakan sebuah tissue yang halus,bersihkanlah secara perlahan.

4. Hindari mencharger netbook terlalu lama

Jika Anda menginginkan netbook dapat bertahan lama,maka salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menghindari untuk mencharger netbook terlalu lama.Sebaiknya ketika Anda sedang melakukan pengisian daya baterai netbook maka usahakan tinggalkan dahulu aktifitas yang lain untuk sementara waktu.

Mencharger netbook terlalu lama dapat mengakibatkan rusaknya baterai netbook karena suhu yang terlalu panas.Baterai netbook yang mengalami kerusakan biasanya ditandai dengan bentuk yang menjadi melar atau menggelembung dan adanya bau gosong yang tercium dari komponen tersebut.

5. Jangan charger ketika arus listrik sedang tidak stabil

Aliran listrik yang tidak stabil atau istilah jawanya "byar pet" memang dapat membuat perangkat elektronik menjadi rusak.Demikian pula yang dapat terjadi pada netbook.

Untuk itu sebaiknya ketika kita mengetahui aliran listrik sedang tidak stabil maka sebaiknya hindari untuk tetap mengisi daya baterai netbook.Tunggulah sampai aliran listrik di sekitar Anda benar-benar stabil kembali.

6. Hindari meletakkan benda berat di atas netbook

Netbook bukanlah keranjang belanjaan yang bisa dengan seenaknya Anda letakkan barang-barang lain di atasnya.Apalagi jika barang tersebut mempunyai beban yang cukup berat.Untuk Anda perhatikan,jangan sekali-sekali meletakkan benda yang mempunyai beban cukup berat karena hal ini juga dapat berakibat netbook menjadi rusak.

Software

Software atau piranti lunak dari sebuah netbook adalah  bagian-bagian yang mencakup sistem pengoperasian dari netbook itu sendiri.Contohnya seperti web browser,software audio dan video,antivirus,OS ( Operating System ) seperti Windows,Linux,dan sebagainya.Untuk merawat software yang ada pada netbook agar dapat bekerja secara maksimal Anda dapat melakukan beberapa cara sederhana seperti di bawah ini.

1. Pasang atau install antivirus

Sebuah antivirus pada netbook berfungsi untuk melindungi serta meminimalisir serangan virus yang dapat merusak sistem netbook.

Banyak sekali antivirus yang dapat Anda jadikan pilihan,dari yang pro dengan fitur yang lengkap tetapi Anda harus mengeluarkan biaya untuk membelinya,sampai antivirus free yang bisa Anda dapatkan secara bebas.

Memang antara antivirus yang satu dengan yang lain mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing dalam menangkal dan memberantas setiap serangan virus yang masuk.Tetapi paling tidak netbook yang telah terinstall antivirus mempunyai sebuah pertahanan,dengan demikian virus tidak bisa leluasa menyerang sistem pada netbook.

2. Gunakan software asli

Software atau perangkat lunak KW memang mempunyai harga yang jauh lebih murah daripada versi alsinya,bahkan banyak website yang menyediakannya secara bebas.Namun alangkah baikny jika kita tetap menggunakan software versi asli.Selain lebih aman tentunya kita juga tidak akan khawatir terjerat kasus hukum karena pelanggaran hak cipta

3. Selalu update perangkat Anda

Dengan selalu melakukan update atau pembaharuan pada perangkat yang kita gunakan,maka kemungkinan virus,malware dan juga spyware dalam menyerang dan merusak gadget yang kita gunakan sangat kecil,karena dengan melakukan update biasanya akan menutup celah atau bug dari software versi yang lama.

4. Gunakan Deepfreeze

Deepfreeze adalah salah satu software keluaran dari Faronics yang bisa kita dapatkan secara bebas.Tetapi jika Anda ingin menggunakan aplikasi ini maka netbook Anda minimal harus terbagi menjadi 2 partisi ( bagian ).Misalnya drive C untuk system gadget Anda,dan drive D sebagai tempat penyimpanan data.

Sangat direkomendasikan agar hanya drive C ( system ) saja yang terpasang deepfreeze karena jika drive D yang notabene merupakan tempat penyimpanan data Anda ikutkan untuk dipasang aplikasi deepfreeze,maka percuma saja Anda menyimpan file  pada drive D karena jika netbook anda matikan ataupun restart maka file yang telah Anda simpan tadi akan hilang.Jadi sia-sia bukan?.

5. Hindari membuka tautan sembarangan

Ketika browsing di internet terkadang kita sering menjumpai sebuah link atau tautan yang cukup menarik dan tanpa berpikir panjang kita melakukan klik pada link tersebut,tanpa disadari bahwa tautan yang kita akses sebenarnya telah disusupi virus,malware dan juga spyware yang akan menginfeksi system pada gadget kita.Oleh karena itu sebaiknya kita lebih berhati-hati dan jangan mudah tergoda oleh sesuatu yang tidak jelas.

6. Hindari colok flashdisk sembarangan

Benda yang mempunyai ukuran relatif kecil ini memang sangat membantu kita dalam melakukan aktifitas sehari-hari,misalnya sebagai tempat penyimpanan data dan lain-lain.Namun flashdisk juga ternyata merupakan sarana ideal untuk penyebaran virus.Oleh karena itu sebaiknya hindari kebiasaan colok flashdisk sembarangan dan scanlah flashdisk secara berkala dengan menggunakan antivirus agar dapat meminimalisir virus yang masuk kedalam perangkat tersebut.


(Rom).

No comments:

Post a Comment