9/23/16

Jengkel Karena Kinerja Komputer Lambat? Inilah Tips Mempercepat Performa Komputer

Diera teknologi yang semakin maju ini,keberadaan komputer memang sangat penting,terutama untuk membantu dalam menyelesaikan banyak pekerjaan.Dengan bantuan komputer kita dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan efisien.Selain mempunyai fungsi di atas,sebuah komputer sebuah komputer juga dapat kita gunakan sebagai media hiburan misalnya untuk memutar musik,bermain game dan juga menonton sebuah film.

Seperti benda lain pada umumnya,sebuah komputer juga membutuhkan perawatan agar kinerja yang dihasilkan bisa tetap maksimal.Performa yang oke dari sebuah klmputer tentu saja akan sangat membantu bagi kita karena hanya dengan sebuah komputer yang sehat inilah,maka pekerjaan yang menumpuk dapat segera terselesaikan.

Masalah yang Sering Terjadi Pada Komputer

Sebuah komputer juga dapat mengalami beberapa trouble atau masalah.Untuk itu sebagai pengguna kita juga harus mengetahui masalah-masalah yang menjadi penyebabnya,tujuannya agar dapat segera mencari solusi untuk mengatasinya.

Serangan Virus

Sebuah komputer memang selalu berkaitan dengan adanya serangan virus.Masuknya serangan virus bisa berasal dari koneksi internet dan alat bantu lainnya seperti USB Flask.Serangan virus pada komputer bisa berakibat tidak baik seperti komputer menjadi lambat,sering error atau crash bahkan yang lebih parah dapat berakibat komputer tidak bisa kita operasikan sama sekali.

Rusaknya Hardware

Hardware atau perangkat keras yang ada pada komputer memang sangat beragam.Mulai dari cassing,keyboard,hard disk,power suplly dan juga mouse.

Faktor-faktor yang dapat merusak hardware diantaranya cara pemakaian yang sembrono,arus listrik yang tidak stabil serta usia dari hardware itu sendiri.

Faktor Lain

Faktor lain yang dapat merusak komputer misalnya produk yang cacat dan faktor kecelakaan atau ketidak sengajaan seperti terjatuh,tersiram air dan juga kebakaran.Intinya ketiga faktor tersebut turut memberikan andil bagi rusaknya sebuah komputer.

Tips Mempercepat Kinerja Komputer Agar Performa Oke

Jika sebuah komputer dapat bekerja secara maksimal,maka kita sebagai pemilik juga harus merawat dan memperhatikan apa yang harus dilakukan dan apa yang sebaiknya dihindari.

Berikut ini adalah beberapa tips sederhana yang bisa Anda terapkan agar komputer mempunyai kinerja yang lebih cepat sehingga dapat kita andalkan untuk membantu menyelesaikan pekerjaan.

Buang Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Menumpuknya aplikasi yang tidak terpakai pada komputer hanya akan memakan space memori dan hard drive komputer Anda.Jika Anda menginginkan komputer bekerja lebih cepat maka direkomendasikan untuk menghapus atau uninstall aplikasi-aplikasi yang tidak begitu diperlukan atau jarang Anda akses tadi,karena selain membuat kinerja komputer menjadi lambat yang disebabkan aplikasi-aplikasi tersebut tetap berjalan pada background,juga akan membuat waktu menjadi lama jika Anda melakukan scan virus atau pencarian data.

Untuk mengatasi masalah ini Anda hanya perlu mengakses Control Panel.Caranya adalah Klik Start-->Control Panel-->Add or Remove Programs-->Pilih aplikasi yang ingin Anda hapus-->Uninstall.

Hapus Temporary Files


Temporary files yang ada pada komputer berasal dari aktifitas kita sewaktu-waktu.Hal ini juga dapat mempengaruhi kinerja sebuah komputer.Adapun file-file ini berasal dari akses internet yang kita lakukan dan juga bersumber dari cookies.

Untuk mengatasi hal ini yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengakses My Computer--->Pilih salah satu drive ( umumnya C:\ )--->Windows--->Cari directory Temp--->Klik kanan mouse pada folder Temp--->Pilih view--->Detail.Langkah terakhir pilih semua file atau tekan Ctrl+A pada keyboard lalu Delete.

Install Anti Virus dan Anti Spyware


Anti virus pada sebuah komputer berfungsi sebagai 'benteng pertahanan' dari serangan virus,spyware dan juga malware.Efek serangan virus yang terjadi pada sebuah komputer memang dapat berakibat fatal.Selain membuat kinerja komputer menjadi lambat,Serangan virus juga dapat merusak system dan menghilangkan file-file yang ada.

Untuk mengatasinya,berikut ini ada beberapa anti virus yang dapat dijadikan pilihan,baik yang free atau bisa kita dapatkan secara gratis sampai dengan yang berbayar.Berikut ini adalah rekomendasinya.

Free Anti virus

Untuk anti virus yang bisa kita dapatkan secara bebas,Anda dapat menggunakan :

- AVG Anti virus Free

AVG Anti virus Free akan melindungi komputer dari serangan virus,spyware dan juga malware,perlindungan jarak jauh dan juga perlindungan tautan.Jika Anda ingin menggunakan anti virus ini,Anda dapat mendapatkannya secara gratis melalui website resmi AVG.

- Avira Free Anti Virus

Avira Free Anti Virus adalah salah satu produk anti virus gratisan yang cukup baik.Produk terbarunya adalah Avira Antivir Personal yang merupakan versi gratis dari Avira Antivir Premium.Anti virus ini dapat diinstall hanya dalam beberapa detik dan ukuran file nya yang relatif kecil,yaitu hanya 4.55MB atau setara dengan satu lagu dengan format MP3.Untuk informasi lebih mendetail Anda kunjungi saja website resmi Avira.

- Avast Free Anti Virus

Satu lagi anti virus gratis yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan.Avast Free Antivirus selain dapat digunakan pada PC dan Mac,juga dapat dijadikan pilihan untuk keamanan android Anda.Jika ingin melihat informasi secara mendetail,Anda hanya tinggal mengakses website resmi Avast.

Premium Anti Virus

Jika Anda menginginkan fitur yang lebih lengkap,Anda dapat menggunakan anti virus berbayar atau premium.Dan berikut ini Anti virus premium yang dapat Anda jadikan pilihan.

- Kaspersky Anti Virus

Aplikasi ini dulunya bernama Antiviral Toolkit Pro atau biasa disingkat dengan KAV yang dikembangkan oleh Kaspersky Lab.Kaspersky Anti virus dirilis perdana pada tahun 2006 dengan system operasi Microsoft Windows,Linux,dan juga Mac OSX.

Anti virus ini merupakan jenis premium atau berbayar dengan license key.Tetapi Anda juga bisa mencoba free trial selama 30 hari dengan fitur premium dari anti virus ini.

- Symantec Anti Virus

Anti virus ini dibuat oleh pengembang Symantec Corporation,yang berpusat di Mountain View,United States.Salah satu produk unggulan dari anti virus ini adalah Norton Antivirus yang masih dibagi lagi yaitu Norton Antivirus,Norton Internet Security dan juga Norton 360.

- Avira Premium

Anti virus ini mempunyai ikon yang unik yaitu sebuah gambar payung.Avira Gmbh merupakan antivirus buatan Jerman dengan kantor pusat berada di kota Tettnang.Mesin scan Avira biasa disebut Luke Filewalker,dan pertama kali dirilis pada tahun 1988.

Itulah beberapa antivirus yang dapat Anda pertimbangkan untuk dijadikan pilihan.Untuk itu pasanglah sebuah antivirus,setting/atur menjadi Automatically Update agar antivitus tersebut dapat bekerja lebih maksimal dan scanlah komputer Anda secara berkala.

Restart Komputer Anda

Setelah aplikasi dipakai untuk saat yang lama,sebuah komputer tentunya akan menjadi lambat dalam merespon.Agar memori komputer Anda fresh kembali,restart lah komputer tersebut atau matikan untuk sementara waktu lalu hidupkan kembali.Pastikan untuk menyimpan file atau pekerjaan Anda sebelum mematikan komputer tersebut.

Nonaktifkan Visual Efek

Ada sekitar 20 visual efek pada sebuah komputer yang dapat Anda aktifkan dan non aktifkan.Untuk mematikan semua efek dan memaksimalkan kinerja komputer,Klik Control Panel--->System--->kemudian pilih Advanced System Setting.Langkah terakhir  Anda pilih Adjust for best performance.

Jika Anda tidak ingin menutup semua visual efek tersebut,Anda dapat mengambil pilihan yang lain.Namun jika performa komputer Anda ingin lebih maksimal,direkomendasikan untuk memakai pilihan di atas.

Bersihkan Hard Drive Komputer Anda

Langkah ini akan menghapus file-file yang tidak diperlukan,menghapus temporary files dan juga mengkosongkan recycle bin sekaligus.Tahap-tahapnya adalah Klik Start--->Anda cari Disk Clean Up--->Pilih Disk Clean Up--->Jalankan aplikasi tersebut--->Klik OK--->Kemudian pilih Delete Files.

Atur Kecepatan Start Up Komputer Anda

Banyaknya aplikasi yang terinstal memang dapat berpengaruh pada kecepatan sebuah komputer,terutama saat start up atau proses dari menyalakan komputer sampai komputer tersebut siap kita pakai untuk beraktifitas.Untuk mengatur start up hal yang harus Anda lakukan adalah klik Start--->Run,pada kolom run Anda ketik msconfig kemudian Anda tekan Enter  pada keyboard.Setelah proses ini Anda akan melihat program-program yang membutuhkan loading ketika Anda baru menyalakan komputer.

Anda dapat memilih secara manual program apa yang harus tetap berjalan dan program apa saja yang harus Anda nonaktifkan,atau bisa juga Anda pilih opsi Disable All,tetapi untuk program antivirus sebaiknya Anda biarkan untuk tetap aktif.Trik lain yang bisa Anda terapkan adalah dengan menonaktifkan font windows untuk mempercepat loading.Pada windows 7 terdapat 200 font yang harus loading dan hal itu sangat berpengaruh pada kecepatan start up sebuah komputer.

Langkah-langkah yang dapat Anda jalankan untuk mengatasi masalah ini adalah Anda klik Search lalu cari folder font tersebut,centang semua font yang tidak Anda inginkan.Langkah terakhir Anda klik tombol Hide pada toolbar.

Tambah RAM Komputer Anda

Salah satu cara yang dapat dilakukan jika ingin menambah kecepatan sebuah komputer adalah dengan menambah kapasitas RAM.RAM pada komputer berfungsi untuk menambah kinerja komputer dan menyimpan data sementara.

Sebagai contoh Anda sedang membuat sebuah presentasi dengan menggunakan Power Point.Ketika Anda mengetik pada power point tersebut,dan tulisan yang Anda ketik belum tersimpan pada hard drive,disitulah peran RAM yang ada pada komputer.

Penutup...

Itulah uraian sederhana tips yang bisa Anda terapkan untuk menambah performa komputer.Semoga tulisan singkat ini dapat memberikan manfaat.

No comments:

Post a Comment