9/24/16

Mau Aman Main Twitter? Ikuti Tips Sederhana Ini!

Twitter merupakan salah satu sosial networking yang paling populer selain facebook.Situs micro blogging dengan maksimal 140 karakter yang diluncurkan pada tanggal 15 Juli 2006 ini juga digunakan penggunanya untuk membahas hal-hal yang berkaitan dengan hobi,ide,obsesi,kegiatan sehari-hari dan masih banyak lagi yang lainnya.

Seperti situs sosial media pada umumnya,dalam twitter juga kita bisa melihat segala sesuatu yang berkaitan dengan profil seseorang,nomor kontak,alamat tempat tinggal dan juga yang lain,dengan catatan sebelumnya kita harus mem-follow atau mengikuti akun tersebut.

Sama seperti akun sosial media lain,salah satu hal penting yang harus diperhatikan adalah yang menyangkut dengan privasi.Bagi Anda yang sering mengakses sosial media seperti facebook dan twitter tentunya tidak ingin privasi Anda terlalu mudah untuk diketahui oleh orang lain bukan?.Nah,lewat pembahasan sederhana ini saya ingin membagikan sedikit tips agar privasi Anda tetap aman dan terlindungi selama mengakses twitter.

Apakah Memproteksi Sebuah Tweet Merupakan Ide yang Bagus?

Salah satu cara untuk melindungi privasi pada twitter adalah dengan cara memproteksi tweet yang kita buat.Anda bisa memproteksi tweet dengan meng-klik setting atau pengaturan yang ada pada twitter.Dengan memproteksi tweet atau kicauan yang Anda buat,maka hanya followers atau pengikut Andalah yang bisa membaca tweet yang telah Anda tuliskan.

Akan tetapi sisi negatif dengan menggunakan cara ini Anda akan sulit untuk mendapatkan banyak followers atau pengikut.Hal ini disebabkan karena orang biasanya akan enggan untuk mem-follow akun yang memproteksi tweetnya.Jadi kesimpulannya,memproteksi sebuah tweet merupakan langkah yang kurang bagus untuk diterapkan.

Jika akun twitter Anda digunakan untuk bisnis dan usaha,maka sebaiknya tidak perlu untuk memproteksi setiap tweet yang Anda tulis,karena semakin banyak orang yang membaca tweet Anda berarti merupakan prospek yang bagus bagi kemajuan bisnis yang sedang Anda bangun,dan juga merupakan salah satu syarat untuk menambah jumlah followers Anda.

Melindungi atau Memproteksi Privasi

Memproteksi setiap tweet yang Anda tulis bukanlah merupakan sebuah ide yang bagus,karena Anda hanya bisa berinteraksi dengan orang yang terbatas.Jika Anda menginginkan banyak follower sehingga bisa berhubungan dengan lebih banyak orang maka sangat direkomendasikan agar Anda tidak perlu untuk memproteksi setiap tweet yang Anda buat.Lalu bagaimana cara untuk melindungi privasi Anda? Berikut ada beberapa tips sederhana yang bisa Anda terapkan.

1. Hati-hati jika menulis sebuah tweet,Jangan membagikan nomor kontak dan alamat e-mail Anda pada twitter.

2. Jangan sering menggunakan fitur geo tagging.Hindari untuk selalu menunjukkan tempat dimana Anda berada ketika menulis tweet.Gunakanlah fitur tersebut hanya ke teman yang ingin mengetahui keberadaan Anda pada saat itu.

3. Hindari mengupload gambar atau poto yang dapat menunjukkan informasi dan tempat yang mendetail mengenai diri Anda karena melalui gambar atau poto tersebut orang bisa saja menggunakannya untuk hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Pada bagian bawah menu setting atau pengaturan Anda bisa menghilangkan tanda centang pada kolom 'lets other find me by email address'.

5. Periksa dan gunakan selalu HTTPS dengan cara cek atau centang pada kolom https pada menu setting akun Anda.

6. Jika Anda mau,blok salah satu user yang tidak Anda inginkan dengan cara klik pada halaman profilnya,lalu Anda klik 'Block' yang terdapat pada menu drop-down ikon orang tersebut.

Itulah dia,enam point sederhana yang dapat Anda terapkan untuk melindungi privasi ketika Anda mengakses sosial media twitter.Semoga tulisan singkat ini dapat memberikan manfaat.

(Rom).

No comments:

Post a Comment