9/14/16

Cara Sederhana Mematikan Automatic Update pada Windows 10

Salah satu masalah dan mungkin banyak dikeluhkan oleh pengguna komputer dengan OS ( Operating Systems ) windows adalah sering munculnya notifikasi untuk update windows,tak terkecuali jika kita menggunakan windows 10.Hal ini terjadi karena disebabkan oleh setting atau pengaturan pada komputer  yang kita gunakan masih mengaktifkan fitur Automatically Updates.

Untuk komputer yang berbasis windows 10 pro dan enterprise sendiri memang mempunyai fitur yang berfungsi untuk melakukan penundaan upgrades,yaitu fitur yang bekerja dengan cara menghentikan download dan installasi update windows secara otomatis.

Gambar Ilustrasi ( Photo : pexels.com )

Akan tetapi pada windows versi Home dan versi yang lain tidak terdapat fitur tersebut.Hal ini mengakibatkan windows akan tetap melakukan update secara otomatis.Kejadian ini tentu saja dapat menjadi salah satu problem,apalagi bagi kita yang menggunakan kuota internet secara terbatas,karena pada update windows biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama dan data yang cukup besar.

Cara Sederhana Mematikan Automatic Updates pada Windows 10

Memang bagi sebagian orang munculnya notifikasi automatic updates bukanlah merupakan masalah yang serius dan mengganggu.Namun untuk Anda yang merasa terganggu dengan adanya notifikasi atau pemberitahuan ini dan berniat mematikan fitur tersebut,inilah cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya.

Setting Wifi

Cara pertama untuk mengatasi masalah automatically updates yang dapat Anda lakukan adalah melalui setting wifi.Jika koneksi internet di tempat Anda menggunakan wifi.Caranya adalah dengan mengubah setting wifi Anda menjadi Metered Connection.Mungkin dengan cara menggunakan pengaturan tersebut kita akan dapat mengontrol data yang digunakan.

Menggunakan Sebuah Software

Alternatif lain yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah automatically updates adalah dengan menggunakan sebuah software.Banyak sekali software yang bisa kita gunakan,salah satunya adalah aplikasi yang bernama Win Updates Disabler.Sesuai dengan namanya aplikasi ini memang mempunyai fungsi utama untuk menonaktifkan automatically updates pada windows yang kita gunakan.Software ini dapat menjadi salah satu solusi untuk kita gunakan pada windows 10.

Ketika kita menjalankan aplikasi ini dan mengaktifkan fitur Stop Automatically Updates yang terdapat pada windows 10,maka akan terdapat pesan eror seperti gambar berikut.

Pesan Error pada windows 10 ketika kita mengaktifkan fitur stop automatically updates ( Image Source: i love free software.com ).

Bagaimana Cara Kita Menggunakannya?

Untuk menggunakan Aplikasi Win Updates Disabler tahap-tahapnya hampir sama dengan ketika kita menggunakan sebuah software pada umumnya.Adapun prosesnya adalah sebagai berikut.

Menggunakan Aplikasi Win Update Disabler

Pertama kita downlo4d versi portable atau installer dari aplikasi ini,pilih salah satu.Jika kita tidak ingin lebih repot sebaiknya gunakan yang versi portable saja,karena dengan menggunakan versi ini kita tidak memerlukan proses penginstallan jadi akan terkesan lebih praktis.Selain itu versi portable biasanya akan mrmpunyai ukuran file yang lebih kecil daripada jika menggunakan versi installer-nya.Aplikasi ini dapat kita peroleh secara bebas melalui search engine.

Buka Aplikasi Win Updates Disabler

Langkah selanjutnya adalah buka atau jalankan aplikasi tersebut.Pada tahap ini kita akan menjumpai dua pilihan,Disabler dan Enabler.Disabler untuk menonaktifkan dan Enabler berfungsi sebaliknya yaitu untuk mengaktifkan.Karena kita ingin menonaktifkan automatically updates,maka yang harus kita pilih adalah Disabler.Untuk select option kita pilih Disable Windows Updates.Tahap selanjutnya kita pilih Apply Now kemudian restart PC yang kita gunakan.Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.

Fitur yang ada pada aplikasi Win Updates Disabler.( Image Source : i love freesoftware.com ).

Lihat Windows Update Section Versi Modern Setting

Setelah tahap-tahap di atas kita lalui maka sekarang kita coba untuk melihat windows update section.Lantas apa yang akan kita temui? Ternyata notifikasi untuk update windows tidak kita temukan lagi dan kita hanya akan menjumpai sebuah pesan error.

Update Windows Kembali

Setelah fitur Automatically Updates kita nonaktifkan dan kita bermaksud untuk melakukan update pada windows 10 yang kita gunakan,maka langkah untuk mengaktifkan kembali fitur tersebut adalah dengan cara mengakses Disable Tab untuk menghilangkan tanda centang kemudian kita pilih Apply atau bisa juga kita akses opsi Enable kemudiab kita pilih Enable Windows Updates.Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut.

Mengaktifkan kembali fitur Enable Automatically Updates pada Windows 10.( Image Source : i love free software.com ).

Penutup

Bagaimana,langkah-langkah yang cukup simpel untuk kita lakukan bukan?.Itulah uraian sederhana jika kita merasa terganggu dengan adanya notifikasi Automatically Updates pada windows 10 yang kita gunakan,dan kita bermaksud untuk menonaktifkan notifikasi tersebut dan juga jika kita ingin mengaktifkannya kembali.Semoga dapat memberikan manfaat.


Source : i love free software
Editor  : Roma Bardo

No comments:

Post a Comment