9/17/16

Langkah-Langkah Sederhana Membuat Sebuah Blog

Pernahkah Anda mendengar kata blog? Dan apakah yang dimaksud dengan blog itu,serta bagaimana langkah -langkah untuk membuatnya?.Oke,lewat tulisan sederhana ini kita akan belajar bersama step by step bagaimana membuat blog secara gratis.Uraian sederhana ini juga dimaksudkan sebagai bahan pencerah bagi Anda yang mungkin tertarik untuk belajar menjadi seorang blogger.

Bagi Anda para master,suhu,dedengkot atau apapun gelar Anda,abaikan saja artikel sederhana ini karena uraian singkat ini hanya merupakan tulisan seorang newbie yang ingin berbagi secuil pengetahuan.Oke,sebelum kita melangkah ke tahap selanjutnya ada baiknya jika kita mengetahui apakah yang dimaksud dengan blog,karena ada sebuah pepatah yang mengatakan Tak kenal maka tak sayang.


Ilustrasi Blogging ( Poto :pexels.com )

Apakah Blog Itu?

Menurut definisi saya blog adalah tool atau alat yang digunakan untuk berbagi atau sharing teks,photo dan juga video.Nah,jika Anda mempunyai pengalaman menarik,mengapa tidak mencoba membagikannya melalui sebuah blog?.Sebagai contoh Anda merupakan seorang yang sangat hobi travelling,atau bisa juga Anda mempunyai suatu keahlian umpamanya memainkan alat musik ( asal jangan memainkan cewek ya Gan? :D ) Anda juga bisa membagikannya melalui sebuah blog,contoh : Tutorial bermain gitar,tips memilih bass yang berkualitas dan lain sebagainya.Adalagi jika misalnya Anda mempunyai banyak binatang peliharaan di rumah,dari burung gemek sampai buaya buntung.Nah dari hobi tadi Anda juga bisa kok sharing pengalaman Anda melalui blog.Misal:cara memandikan buaya atau tutorial menina bobokkan gajah.

Mengapa Harus Ngeblog?

Jujur,ini adalah sebuah pertanyaan yang sulit untuk dijawab,karena salah satunya menyangkut dengan hobi.Tetapi dengan ngeblog minimal ada yang bisa kita bagikan ke orang lain,baik ilmu atau keahlian yang kita miliki,hobi atau kegemaran,pengalaman pribadi ( Sebagai contoh agan nembak cewek sampai seratus kali,tetapi sialnya selalu ditolak.Nah pada usaha yang ke seratus satu kali,barulah agan diterima karena mungkin agan pakai ilmu jin Tomang.Nah dari pengalaman tersebut agan bisa nulis artikel tentang tips jitu nembak cewek ).

Ngeblog juga dapat menambah penghasilan kita lho.Diantaranya adalah dengan mengikuti kontes blogging atau bisa juga mengikuti program PPC ( Pay Per Click ).Salah satu program PPC yang menjadi incaran para blogger,baik yang masih bergelar newbie sampai dedengkot atau para master adalah Google Adsense.

Perlu diketahui sebagai bahan motivasi,bahwa telah banyak orang yang sukses dari hobi menggeluti dunia blogging.Salah satu contoh adalah seorang anak muda yang bernama Eka Lesmana.Walaupun doi dulunya hanya mengenyam pendidikan sampai ke bangku SLTP dan bekerja sebagai pangon bebek,tetapi dengan semangat belajar yang keras dan tidak kenal lelah,akhirnya mas Eka Lesmana ini bisa berhasil meraup ratusan juta setiap bulannya dari program Google Adsense.Bahkan terus terang saja mas Eka merupakan inspirasi bagi pemula seperti saya.

Coba Anda googling dengan menggunakan kata kunci Eka Lesmana,pasti di situ akan banyak blog atau website yang membahas tentang profil dan lika liku perjalanan doi menjadi seorang blogger yang cukup berhasil.Ada juga Mas Dian Umbara yang merupakan lulusan Sarjana dibidang Informatika dan sempat bekerja sebagai staff IT di sebuah perusahaan di Jakarta yang pada akhirnya beliau resign dan kini menjadi seorang blogger yang berhasil.Dari kalangan cewek juga tidak ketinggalan,salah satu nama dari kaum Hawa yang berhasil dalam dunia blogging adalah Indri Lidiawati.Nama-nama di atas adalah orang-orang yang pantang menyerah dan tak mengenal lelah untuk terus belajar.Kita sebagai pemula diharapkan juga mempunyai semangat juang seperti mereka.

Curhat Terus,Kapan Belajar Membuat Blognya?

Oh ya,terlalu asyik menulis curhat.Oke,kita kembali ke pokok bahasan.Untuk Anda yang tertarik belajar membuat sebuah blog,ikuti langkah-langkah sederhana berikut ini.Kita akan belajar menggunakan Blogger,yaitu sebuah aplikasi blog gratis yang merupakan produk dari Google.

Mengapa Harus Blogger?

--> Blogger merupakan aplikasi gratis
--> Banyak pilihan templates yang menarik
--> Space penyimpanan file yang besar
--> Mudah dalam pengelolaan
--> Paling direkomendasikan oleh pihak Google

Tahap-tahap Sederhana Membuat Blog

Untuk memulai membuat sebuah blog dengan menggunakan aplikasi blogger,inilah tahap-tahap yang harus Anda ikuti.

1. Anda harus membuat sebuah e-mail terlebih dahulu.E-mail ini berguna untuk mengakses blog Anda nantinya.Anda daftar dahulu melalui G Mail,akan tampak seperti gambar di bawah ini.Anda pilih Buat Akun.



2. Isikan nomor ponsel Anda.Pastikan Anda mengisinya dengan benar.Nomor ponsel ini akan digunakan untuk mengirim link tautan dari pihak google.Anda klik Berikutnya untuk melanjutkan.


3. Akan ada SMS pemberitahuan yang berisi link tautan dari google.Anda tunggu saja kira-kira 1 sampai 15 menit.Sambil menunggu Anda bisa minum kopi terlebih dahulu.


4. Periksa inbox SMS Anda,lalu copy/klik link tautan yang diberikan pihak google.Maka Anda akan dibawa ke halaman seperti pada gambar berikut.Isi data yang diperlukan dengan sebenar-benarnya.Nama depan,nama belakang,tanggal lahir,dan gender.Jika semua telah lengkap Anda klik Berikutnya.



5. Tahap pembuatan email baru Anda hampir selesai.Pilih nama pengguna Anda.Lalu isikan password atau kata sandi.Catatan:( Untuk membuat sebuah  kata sandi yang bagus sangat direkomendasikan untuk menggunakan karakter yang panjang dengan catatan Anda bisa mengingatnya.Kombinasikan antara huruf,angka dan karakter unik lain.Catat dalam kertas dan simpan baik-baik jika Anda tidak ingin lupa nantinya. )
Klik selesai untuk menyelesaikan tahap pembuatan E-mail lewat Gmail ini.



6. Sekarang Anda akses Blogger.Isikan pada kolom E-mail dengan akun yang baru saja Anda buat pada tahap 1-5.Klik Berikutnya



7. Isi password Anda lalu klik Masuk.Catatan: ( Jika Anda menggunakan fasilitas umum misalnya warnet ataupun yang lainnya,sangat direkomendasikan agar Anda menghilangkan tanda centang pada kolom 'tetap masuk/stay sign in.Hal ini untuk menjaga agar akun Gmail Anda tidak diambil alih oleh pihak lain dan digunakan untuk hal-hal yang tidak diinginkan. )



8. Anda selanjutnya akan dibawa ke halaman Blogger.Anda pilih Create New Blog.



9. Akan muncul jendela seperti gambar berikut.Isi Blog Title terserah Anda,misal 'Kumpulan Informasi Terkini',lalu pada kolom Blog Address isikan dengan domain yang Anda inginkan dan menarik,misalnya:informasioke.blogspot.com.Untuk template Anda pilih yang simpel dahulu.



10. Langkah terakhir Anda tinggal klik Create Blog.Selamat,kini Anda telah berhasil membuat sebuah blog.


11. Untuk memulai menulis konten atau artikel Anda tinggal klik New Post.




Ternyata untuk membuat sebuah blog tidak sesulit yang kita bayangkan bukan?.Dengan langkah-langkah yang cukup mudah dan simpel pun Anda sudah berhasil membuat sebuah blog.Demikianlah uraian singkat dan sederhana tentang Langkah-langkah Sederhana Membuat Sebuah Blog.Semoga bermanfaat.


(Rom.)

No comments:

Post a Comment