9/27/16

Bingung Menentukan Topik Blog? Inilah 10 Niche yang Bisa Anda Pilih.

Bagi Anda yang ingin membuat sebuah blog,salah satu hal penting pertama yang harus diperhatikan adalah sebuah niche atau topik.Memilih sebuah pokok bahasan untuk kemudian kita tuangkan dalam tulisan melalui sebuah blog memang gampang-gampang susah.Lho,kok bisa begitu? Ya,gampangnya dalam arti banyak topik yang bisa kita pilih untuk membangun sebuah blog.Susahnya adalah jika kita dalam memilih niche kurang menguasai materinya,maka akibatnya kita mudah kehabisan ide untuk dituangkan ke dalam sebuah tulisan sehingga yang tadinya kita hanya berniat membahas satu topik saja akhirnya blog yang kita kelola menjadi semacam gado-gado atau membahas topik yang beragam (seperti blog sederhana ini :D).


Untuk itu dalam memilih sebuah topik blog hendaknya kita juga harus menguasai apa yang ingin disampaikan.Memang bagi yang baru mengenal dunia blogging terkadang merasa bingung untuk menentukan pokok bahasan yang tepat bagi blog yang ingin dikelolanya.Membangun sebuah blog dari nol sampai dapat menghasilkan sesuatu memang bukanlah sebuah perkara yang mudah.Butuh waktu dan perjuangan yang tak kenal lelah dan tentunya harus sabar dan tekun karena segala sesuatu harus melalui sebuah proses terlebih dahulu.

Terkadang hanya ingin menginginkan hasil yang instan atau cepat kita sering membangun sebuah blog dengan konten yang asal-asalan.Misalnya copy paste secara mentah-mentah artikel orang lain tanpa kita sadari bahwa setiap tulisan yang dibuat,baik itu berisi konten yang bagus maupun konten yang kurang bermanfaat adalah hasil karya seseorang yang tentu saja dengan segala daya dan upaya orang tersebut telah berusaha untuk menyajikannya dengan sebaik-baiknya,dan kitapun sudah sepantasnya untuk tetap menghargai hasil karyanya.

Bagi Anda yang berkeinginan untuk membangun sebuah blog,namun masih bingung topik apa yang akan dipilih,berikut ini adalah 10 Niche atau topik yang bisa Anda jadikan referensi dan gambaran sehingga blog yang Anda kelola dapat memberikan hasil yang maksimal sesuai dengan yang Anda harapkan.


10 Niche yang Dapat Anda Pilih Sebagai Topik Blog

Di bawah ini adalah sepuluh niche atau topik yang bisa menjadi bahan pertimbangan untuk Anda dalam memulai membangun sebuah blog.

1. Kesehatan

Kesehatan merupakan salah satu pokok bahasan yang sangat menarik untuk dibahas dan dijadikan niche pada sebuah blog.Artikel tentang kesehatan banyak diakses oleh pengguna internet kerena mereka memang membutuhkan guide tentang cara-cara hidup sehat,karena dewasa ini manusia cenderung mudah untuk terserang berbagai macam penyakit.Anda dapat menulis tentang tips-tips hidup sehat,gaya hidup yang sebaiknya dihindari jika tidak ingin terserang penyakit,serta artikel yang menyangkut dunia kesehatan lainnya.

2. Teknologi

Kehidupan manusia memang tidak bisa lepas dari yang namanya teknologi,karena dengan semakin maju teknologi maka akan semakin memudahkan manusia dalam membantu menyelesaikan setiap masalah yang berhubungan dengan pekerjaan.Teknologi juga merupakan sebuah topik yang sangat menarik untuk dijadikan pokok bahasan pada blog yang Anda kelola.Anda dapat menulis tentang teknologi yang menyangkut informasi harga dan spesifikasi gadget,internet dan teknologi lain.

3. Otomotif

Bagi Anda yang hobi dan mengetahui banyak informasi tentang dunia otomotif,mengapa Anda tidak mencoba membagikannya melalui sebuah blog? Topik yang membahas tentang otomotif juga merupakan salah satu yang banyak dicari melalui media internet,karena mereka memang membutuhkan informasi dari dunia otomotif,misalnya keluaran produk terbaru,spesifikasi dan daftar harga,petunjuk tentang modifikasi mobil atau motor,tips merawat mesin agar awet,tips safety riding dan hal yang menyangkut dunia otomotif lainnya.

4. Kuliner

Anda hobi berburu kuliner dari berbagai pelosok daerah? Mengapa Anda tidak mencoba sharing pengalaman melalui sebuah blog? Tentunya ini akan menjadi suatu hal yang sangat menarik karena dunia kuliner yang begitu beragam.Selain itu tentunya agar orang lain mengetahui bahwa setiap daerah memang mempunyai makanan khas yang pantas untuk dijadikan tempat destinasi.Bersyukur bagi kita yang tinggal di Indonesia,karena negara kita selain kaya akan budayanya juga terkenal dengan dunia kulinernya.

5. Olahraga

Olahraga merupakan salah satu niche yang patut Anda pertimbangkan sebagai pokok bahasan dalam sebuah blog yang Anda kelola karena setiap hari banyak sekali orang yang membutuhkan informasi tentang hal tersebut,seperti informasi tentang hasil pertandingan klub sepak bola kesayangan,daftar transfer pemain,gossip seputar kehidupan atlet,kualifikasi dan hasil pertandingan Moto GP,dan lain-lain.banyak sekali cabang olah raga yang bisa dijadikan pilihan untuk topik blog,tetapi sebaiknya persempit saja topik tersebut yaitu dengan cara membahas satu cabang olah raga saja,misalnya khusus membahas sepak bola.Anda hanya tinggal memilih topik olahraga yang menjadi minat sehingga Anda tidak akan merasa jenuh untuk menulis konten.

6. Hewan Peliharaan

Sebagian dari Anda mungkin memiliki banyak binatang peliharaan di rumah.Kegiatan mengurus hewan peliharaan bagi sebagian besar orang merupakan kegiatan yang menyenangkan dan dapat memberikan hiburan bagi pemiliknya.Selain sebagai hobi,kita juga bisa menambah penghasilan dari adanya hewan peliharaan tersebut.Jika Anda telah mengetahui seluk beluk cara perawatan hewan peliharaan,tidak ada salahnya jika Anda membagikan pengalaman Anda melalui sebuah blog.Umpamanya cara merawat kambing,cara agar burung bisa lebih berkicau,makanan yang baik bagi pertumbuhan sapi dan unggas,cara merawat ayam pedaging serta masih banyak lagi yang lainnya.

7. Humor

Setelah lelah beraktifitas,orang tentu akan mencari hiburan untuk sekedar menyenangkan dirinya.Salah satunya yaitu dengan humor-humor segar yang bisa melepas ketegangan.Bagi Anda yang mempunyai bakat humor atau setidaknya punya imajinasi cerita yang lucu mungkin akan lebih menarik jika orang lain juga bisa turut menikmati cerita buah pemikiran Anda.Bagaimana caranya? Cara yang termasuk sederhana yaitu dengan menuliskan cerita-cerita Anda melalui sebuah blog.Buatlah alur cerita yang lucu dan berkesan walaupun hanya fiktif semata.Anda juga dapat membagikan kisah dan kejadian konyol yang pernah Anda alami.

8. Tutorial

Memang sudah banyak sekali blog-blog yang membahas tentang tutorial.Tetapi tidak ada salahnya jika Anda memilih niche ini untuk dijadikan sebuah topik pada blog yang Anda kelola karena niche ini terbilang sangat menarik.Anda bisa membahas tentang tutorial komputer,tutorial bermain game dan lain-lain.Sajikanlah dengan cara penulisan yang berbeda dari orang-orang pada umumnya.Hal ini tentu akan menjadikan sebuah nilai plus bagi blog Anda.

9. Bisnis Online

Seiring dengan kemajuan teknologi,bisnis online merupakan salah satu topik yang cukup hangat untuk dibahas.Jika Anda mempunyai pengetahuan dalam dunia marketing dan seluk beluk bisnis online lainnya,niche satu ini adalah yang paling tepat untuk Anda pilih.Anda dapat membahas tentang cara memulai dan membangun bisnis berbasis online,tips-tips marketing,cara mendongkrak penjualan suatu produk,dan sifat-sifat yang harus ada jika ingin menjadi seorang pebisnis.

10. Desain Grafis

Mungkin diantara Anda banyak yang menguasai desain grafis.Bagikanlah pengetahuan Anda melalui sebuah blog agar orang lain juga bisa belajar dari Anda.Bahaslah apa saja yang ada hubungannya dengan dunia desain grafis,misalnya tutorial tentang photoshop,tips memotret suatu obyek,cara membuat animasi dan sebagainya.

Penutup

Itulah uraian singkat mengenai 10 Pokok Bahasan Untuk Diterapkan pada Blog.Setelah membaca uraian sederhana di atas saya berharap agar Anda mempunyai sedikit gambaran,sehingga Anda tidak perlu lagi merasa bingung dalam menentukan topik apa yang pas untuk dijadikan pokok bahasan pada blog yang Anda kelola sesuai dengan apa yang Anda kuasai.


(Rom).

No comments:

Post a Comment