10/5/16

Inilah Bahan Makanan yang Bisa Dimanfaatkan Untuk Detoks Tubuh

Banyaknya racun yang mengendap dalam tubuh dapat mengakibatkan gangguan kesehatan.Oleh karena itu kita diharuskan untuk melakukan detoks atau pengeluaran zat-zat racun dari dalam tubuh agar kesehatan senantiasa terjaga.

Dan berikut ini rekomendasi bagi Anda bahan makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi sekaligus berfungsi sebagai alat detoks pada tubuh Anda seperti yang dilansir dari News Zoom.



Almonds : Kesehatan Hati

Hati merupakan suatu organ yang mempunyai peranan sangat penting bagi manusia dan merupakan organ yang sangat vital bagi kelangsungan hidup.Hati bertanggung jawab untuk mengeluarkan racun yang berbahaya dari dalam tubuh.Untuk menjaga kesehatan hati kita harus mempunyai zat-zat penunjang yang cukup,diantaranya :

- Protein --> Merupakan komponem dasar yang diperlukan untuk membangun kembali jaringan yang rusak dan mempertahankan kekebalan tubuh.

- Antioksidan --> Berfungsi membantu tubuh dalam menolak zat radikal bebas yang berbahaya.

- Lemak tak jenuh --> Komponen ini akan membantu mengurangi kolesterol jahat dari dalam tubuh dan membantu dalam mengontrol menumpuknya lemak jahat yang ada pada hati.

Dari semua hal di atas kacang-kacangan merupakan bahan makanan yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut.Kacang almond adalah bahan yang paling direkomendasikan,sebab jenis kacang lain seperti kenari dan kacang Brazil sangat tinggi dalam hal kalori dan kolesterol ( ya,memang cukup kolesterol tetapi sebaiknya jangan mengkonsumsi melebihi yang dibutuhkan oleh tubuh.)

Alpukat : Sistem Pencernaan

Alpukat merupakan buah yang cukup mudah untuk didapatkan dan menjadi buah yang ngetren dalam beberapa tahun terakhir.Buah ini mendapat julukan Superfood oleh beberapa orang yang melakukan program diet.Alpukan sudah terbukti sebagai bahan alami yang cukup baik untuk membantu mengurangi kolesterol jahat ( LDL ) dan juga diketahui dapat meningkatkan kemampuan otak,bahkan ajaibnya akan memberikan fungsi yang sangat baik bagi perut dan pencernaan.

Pertama,alpukat adalah buah yang kaya akan serat,terdapat antara 9-17 gram serat pada setiap buahnya.Selanjutnya alpukat juga berfungsi sebagai anti inflamasi pada perut dan usus dengan membantu penyerapan nutrisi penting yang berasal dari makanan.Terakhir,memakan buah alpukat secara langsung dapat membantu  mengurangi racun dalam gula darah sehingga akan mencegah timbulnya penyakit diabetes tipe-2.

Teh Putih : Mencegah Lemak Perut dan Berat Badan

Dari semua jenis teh yang ada di pasaran,teh putih merupakan salah satu jenis komoditas yang belum banyak dicoba.Jika dibandingkan dengan jenis teh lain misalnya teh hitam,teh hijau dan Oolong,jenis teh ini masih lebih baik dalam prosesnya ( karena tetap mempertahankan beberapa nutrisi) dan lebih harum dari semua jenis teh yang ada.

Seperti semua jenis teh,pada teh putih ini juga mengandung beberapa manfaat seperti antivirus,anti bakteri,anti kanker,dan pembakar lemak.Selain kaya akan nutrisi,teh ini akan terasa lebih nikmat bila dalam penyajiannya ditambah sedikit gula atau susu.

Kunyit : Detoks Hati

Kunyit merupakan tumbuhan asli yang berasal dari Asia Selatan,terutama di India.Kunyit diketahui sebagai bahan obat yang sangat mujarab.Kunyit juga berguna untuk membantu menghilangkan rasa sakit dan juga sebagai zat anti inflamasi.

Selain itu,kunyit juga merupakan bahan yang sangat bagus untuk detoks atau membersihkan hati.Kunyit juga dapat membunuh sel-sel kanker dari tubuh dan mencegah sel kanker tersebut berkembang biak.Kunyit dapat ditambahkan pada menu diet dengan  bentuk pil suplemen.

Asparagus : Obat Mabuk

Asparagus berguna sebagai obat mabuk dengan merangsang enzim Alc*h*l Dehydrogenase ( ADH ) dan Acetaldehyde Dehydrogenase ( ADLH ) dengan cara menurunkan kadar etanol dari dalam hati.

Collard atau Sawi Hijau : Pencegah Colesterol dan Detoks Tubuh

Collard atau sawi hijau biasanya disajikan dalam bentuk sayuran dan jarang orang yang menyentuhnya ketika di atas meja tanpa menyadari manfaat besar yang terkandung di dalamnya.Sawi hijau mengandung antioksidan,asam amino,vitamin dan mineral yang memainkan peran krusial dalam mempertahankan kesehatan tubuh.

Collard hijau tidak hanya berfungsi untuk mencegah kolesterol masuk ke sistem tubuh tetapi juga membantu memperlambat penuaan dan untuk membersihkan racun atau toksin yang mengendap dalam tubuh.

Jeruk Nipis : Detoks Seluruh Tubuh

Lemon atau jeruk nipis merupakam buah terbaik yang berfungsi untuk mengeluarkan zat racun dari seluruh tubuh.Lemon juga membantu meningkatkan sistem pencernaan dan mempermudah tubuh dalam menyerap berbagai nutrisi.Akan sangat baik jika kita mengkonsumsi segelas air lemon hangat pada pagi hari dalam keadaan perut kosong sebelum sarapan pagi.

Ikan Salmon Liar : Pembersih Arteri

Protein merupakan zat penting dalam membantu menyingkirkan racun dari dalam tubuh.Protein dapat diperoleh dari berbagai sumber bahan makanan.Ikan merupakan salah satu sumber protein yang terbaik.Lemak dan kolesterol yang terdapat pada ikan sangat bermanfaat bagi tubuh,khususnya bagi hati.Salah satu jenis ikan yang tinggi protein dan tidak mengandung zat merkuri adalah salmon liar.


Itulah delapan bahan makanan yang berguna untuk detoks tubuh.Untuk mendapat hasil yang terbaik hendaknya dibarengi dengan diet sehat,olah raga yang teratur dan tidur yang cukup.Jauhi zat-zat yang mengandung racun dan minum cukup air adalah hal yang harus dilakukan.

Sumber : News Zoom
Editor    : Roma Bardo

No comments:

Post a Comment