10/11/16

Ingin Berhenti Merokok? Baca 9 Tips Ini

Rokok,sebuah benda yang sudah tidak asing lagi dalam kehidupan kita.Rokok merupakan salah satu "kebutuhan primer" bagi orang yang telah kecanduan untuk menghisapnya,walaupun dalam setiap kemasan bungkus rokok telah tertera tulisan peringatan dan gambar yang cukup membuat ngeri,tapi nyatanya dewasa ini penjualan rokok cenderung mengalami kenaikan.

Maraknya iklan rokok,baik lewat media elektronik maupun media cetak cukup menjadi salah satu bukti bahwa rokok masih menjadi semacam identitas bagi sebagian besar masyarakat kita.Bahkan telah lama beredar jargon,diantaranya adalah "Lebih baik tidak makan daripada tidak merokok",dan yang lebih lucu sekaligus memperihatinkan adalah "Merokok atau tidak merokok sama-sama akan mati,jadi lebih baik kita merokok sampai mati".Itulah diantaranya beberapa jargon yang sering dijadikan alibi bagi para pecandunya.


Memang,merokok merupakan hak setiap orang.Namun jika kita mencoba berpikir secara mendalam,tidak ada satupun manfaat yang dapat kita peroleh dari kebiasaan merokok.Merokok merupakan "investasi" penyakit yang akan menggerogoti kesehatan seseorang secara perlahan-lahan.

Mungkin diantara Anda merupakan seorang perokok berat,tetapi pernahkah terlintas dalam pikiran Anda untuk mencoba menghentikan kebiasaan buruk tersebut? Jika Anda mempunyai niat untuk berhenti,mungkin 9 poin di bawah ini bisa membantu Anda atau setidaknya dapat dijadikan motivasi karena kesehatan jauh lebih berharga daripada materi yang berlimpah.Inilah 9 poin yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi kecanduan rokok.

--> Tekad yang Kuat

Ini adalah poin utama jika Anda sudah ada gambaran untuk berhenti merokok.Tekad yang kuat akan sangat menentukan berhasil tidaknya seseorang untuk terbebas dari jerat rokok.

--> Jangan Ditunda

Jika Anda telah memiliki tekad yang kuat,maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah jangan ditunda!.Matikan dan buang jauh-jauh rokok Anda saat itu juga.

--> Berhenti Total Akan Lebih Baik

Ingat,jika Anda ingin benar-benar berhenti merokok,berhentilah secara total dan jangan mengurangi sedikit demi sedikit jumlah rokok yang biasa Anda hisap.Berhenti total adalah cara yang paling efektif dan lebih tinggi tingkat keberhasilannya.

--> Antisipasi

Yang dimaksud antisipasi dalam hal ini adalah kapan biasanya Anda sangat ingin sekali untuk menghisap rokok,misalnya saat baru bangun tidur,setelah selesai menyantap makanan,dan lain-lain.

Buatlah catatan kecil waktu dimana Anda biasanya merokok,dan cobalah mencari solusi untuk mengatasinya.Misalnya ketika bangun tidur biasanya Anda langsung menghisap rokok,gantilah kebiasaan tersebut dengan rutinitas lain,misalnya jalan-jalan pagi atau bisa juga mempersiapkan apa yang akan dibawa untuk aktifitas Anda selanjutnya.

--> Hindari Kopi

Biasanya para perokok akan menjadikan kopi sebagai teman dalam menghisap rokok.Jika Anda benar-benar ingin lepas dari jerat rokok,sebaiknya hindari untuk sering mengkonsumsi kopi dan perbanyaklah untuk minum air putih.Selain membantu membunuh keinginan merokok dan mengeluarkan zat-zat racun dari dalam tubuh,air putih adalah minuman murah yang menyehatkan.

--> Sibukkan Diri Anda

Dengan membuat diri Anda selalu sibuk,maka kesempatan untuk menyentuh dan menyalakan rokok akan semakin kecil.Jadi usahakan untuk tetap membuat diri Anda selalu sibuk.

--> Berdoa Memohon Kekuatan

Sebuah perjuangan memang selalu membutuhkan proses.Terkadang apa yang kita lakukan akan sangat terasa berat.Tetapi jika kita bersungguh-sungguh dalam usaha,tidak ada hal yang mustahil untuk dilakukan,demikian juga dengan niat untuk berhenti merokok,dan jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Tuhan agar diberikan kekuatan.

--> Berani untuk Berkata "Tidak!"

Manusia memang diciptakan untuk saling mengenal ( bersosialisasi ) dan berinteraksi satu sama lain.Tidak jarang dalam pergaulan sehari-hari kita jumpai seseorang yang menawarkan rokok sebagai basa-basi atau alasan lain.Tidak ada yang salah dengan hal tersebut.Namun jika Anda dalam posisi demikian  ( ditawari rokok oleh seseorang ) Anda harus berani untuk berkata "Tidak!",dan tolaklah tawaran tersebut.Berikanlah pengertian kepada mereka bahwa Anda sedang berusaha berhenti merokok dan mintalah dukungan mereka.

--> Ingat Kesehatan dan Keluarga

Kesehatan merupakan salah satu anugerah yang tidak dapat ditukarkan dengan apapun di dunia ini.Jika badan dan pikiran kita sehat tentunya akan menjadikan kita lebih mudah dan produktif dalam melakukan aktifitas sehari-hari.Bayangkan jika umpamanya kesehatan kita sering terganggu dan mudah sakit tentu akan sangat merugikan,apalagi bagi kita yang sudah berkeluarga dan mempunyai tanggung jawab yang besar bagi istri dan anak-anak.Mulai sekarang,yuk matikan rokok dan ingat akan pentingnya hidup sehat.

Itulah sembilan poin yang diharapkan bisa Anda terapkan dan mudah-mudahan bisa memotivasi Anda untuk segera menghentikan kebiasaan merokok.Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment