10/9/16

Root Android Tanpa Komputer? Ikuti Langkah-Langkah Simpel Ini!

Sebenarnya artikel tentang rooting android sangat beberapa tahun lalu dan banyak yang mencari tutorialnya lewat internet.Namun tidak ada salahnya untuk kita ulas kembali,mungkin diantara Anda masih ada yang bingung dan belum mengerti tentang proses-proses rooting android.Biasanya dalam melakukan proses rooting android orang akan menggunakan bantuan sebuah PC atau komputer.Tetapi ada satu pertanyaan, "Bisakah proses rooting kita lakukan tanpa komputer?" dan untuk jawaban dari pertanyaan di atas adalah "Ya,bisa saja!".Lantas,bagaimanakah langkah-langkahnya?.Oke,sebelum kita melangkah ke tahap selanjutnya ada baiknya jika kita terlebih dahulu mengetahui apakah yang dimaksud dengan proses rooting itu?


Apakah Root Itu?

Yang dimaksud dengan root adalah
sebuah proses yang terdapat pada sistem android yang memungkinkan penggunanya untuk memperoleh akses yang lebih tinggi,baik itu pada smartphone dan juga tablet dengan basis android.

Nah setelah kita mengetahui tentang root android sekarang kita akan coba membahas keuntungan dan juga kerugian dari root itu sendiri.

Keuntungan Root

Di bawah ini adalah daftar keuntungan yang bisa didapatkan dari rooting android

--> Menghilangkan Aplikasi Bawaan ( Bloatware ) yang tidak bermanfaat

Seperti aplikasi lain pada umumnya,pada smartphone dan tablet yang berbasis android juga terdapat aplikasi bawaan pabrik atau yang sering dikenal dengan istilah bloatware.Mungkin diantara aplikasi-aplikasi ini ada yang jarang kita gunakan,bahkan ada yang tidak sama sekali.Nah,jika kita melakukan proses root pada android,maka keuntungan yang pertama adalah membuang aplikasi-aplikasi bawaan yang tidak berguna atau tidak pernah kita pakai tersebut.

--> Membuat Baterai Smartphone dan Tablet Menjadi Awet

Keuntungan kedua dari adanya root adalah dapat membuat baterai smartphone dan tablet android ki ta menjadi awet.Kenapa bisa begitu? Ya,karena hanya dengan android yang telah diroot kita bisa melakukan kalibrasi baterai,salah satunya dengan menggunakan aplikasi Battery Calibration.Cara kerja aplikasi ini adalah dengan cara menghapus Batterystats.bin yang terdapat dalam sistem android.

--> Kinerja Android Akan Lebih Ringan

Point yang ketiga dari keuntungan rooting android adalah dapat membuat kinerja smartphone dan tablet kita menjadi cepat dan ringan.Agar hasil lebih maksimal kita hanya membutuhkan sebuah aplikasi tambahan yaitu Greenify.Aplikasi ini berfungsi untuk melonggarkan space gadget android kita sehingga kinerjanya akan semakin cepat dan ringan.

--> Space Memori Eksternal yang Lebih Besar

Kita biasanya akan kurang puas dengan hanya mengandalkan memori internal bawaan pabrik,dan terpaksa menambah memori eksternal agar kapasitas memori menjadi lebih besar.Namun ternyata itu saja belum cukup terutama jika kita hobi menyimpan file-file yang berukuran besar dan koleksi lagu-lagu mp3 yang bejibun.Salah satu cara untuk menambah kapasitas memori eksternal yaitu dengan cara melakukan rooting pada gadget android kita.Untuk melakukan proses ini kita bisa menggunakan aplikasi yang bernama Link2SD.


--> Membuat Tampilan Android Lebih keren


Dengan sebuah aplikasi yang bernama Custom ROM maka kita dapat merubah tampilan android yang tadinya biasa-biasa saja menjadi lebih menarik.Kita tentu akan merasa bosan dengan tampilan android yang begitu-begitu saja,dan berkeinginan agar tampilan gadget kita menjadi lebih menarik.Dengan aplikasi Custom ROM kita bisa melakukannya tetapi terlebih dahulu kita harus melakukan proses rooting agar aplikasi ini dapat bekerja.

Itulah diantaranya lima keuntungan jika kita melakukan proses rooting pada gadget android yang kita punya.

Kerugian Root

Ada keuntungan pasti juga ada pula kerugian.Di bawah ini adalah kerugian-kerugian yang dapat ditimbulkan dari adanya proses rooting pada gadget kita.

--> Tidak Ada Lagi Garansi

Salah satu konsekuensi yang harus kita tanggung jika tetap melakukan proses rooting pada gadget android adalah hilangnya garansi resmi.Jika gadget telah kita rooting lalu terjadi eror atau ada komponen yang rusak,maka pihak produsen tidak akan bertanggung jawab.Inilah kerugian root android yang pertama.

--> Sistem pada Android Dapat Menjadi Rusak atau Error

Kerugian kedua dari adanya rooting android adalah dapat merusak dan membuat eror sistem tersebut.Salah satu kasus yang sering menimpa pengguna android yang melakukan proses rooting adalah gagalnya booting atau tidak bisa masuk ke dalam sistem.Ini adalah salah satu risiko terbesar dari adanya proses rooting android.

--> Malware Akan Lebih Mudah Masuk

Sistem pada android yang telah di-root akan lebih terbuka.Itulah sebabnya gadget kita akan lebih rentan untuk terserang malware.Tetapi jika kita memakainya tidak cenderung sembrono,maka kasus ini dapat kita minimalisir.Salah satunya adalah dengan cara mengunduh file sembarangan dan membuka tautan link yang mencurigakan.

Nah,itulah diantaranya keuntungam dan kerugian yang disebabkan dari adanya proses root.Jika Anda tetap melanjutkan untuk melakukan proses root pada gadget android yang Anda miliki,inilah step by step proses root tanpa menggunakan bantuan sebuah PC atau komputer,dan kita hanya akan menggunakan bantuan aplikasi yang bernama Framaroot.


Root Android Tanpa Komputer

Untuk melakukan proses rooting dengan menggunakan aplikasi Framaroot,tahap-tahapnya adalah sebagai berikut.

1. Unduh aplikasi Framaroot,install seperti biasa.

Catatan :

Framaroot adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk me-root android.Jika Anda mengunduh aplikasi ini melalui google drive atau chrome,maka kemungkinan komputer Anda akan mendeteksi aplikasi ini sebagai sebuah virus.Tutup saja pesan tersebut,tidak perlu panik.

2. Setelah proses penginstallan selesai,buka/launch aplikasi tersebut.Selanjutnya Anda klik pada Install SuperSU yang ada pada menu drop down aplikasi tersebut.

3. Pada tahap ini Anda akan menjumpai tiga pilihan eksploitasi,misalnya Frodo,Sam,Aragorn.Pilih salah satu dari ketiga pilihan tersebut untuk memulai proses rooting android Anda.

4. Setelah step ini Anda lakukan,maka proses rooting akan segera berjalan dan pada tahap ini Anda juga segera akan mengetahui proses rooting tersebut berhasil ataupun gagal.Jika proses rooting tidak berhasil,Anda coba pilihan lain dari ketiga opsi di atas.Misalnya saat ini Anda memilih opsi Frodo tetapi gagal,Maka Anda dapat memilih opsi Sam atau Aragorn.

5. Jika proses root telah berhasil maka langkah selanjutnya adalah restart gadget Anda.

Catatan :

Tidak semua jenis android cocok atau kompatibel dengan aplikasi Framaroot ini.Jadi jika Anda ragu berhasil atau gagal dalam melakukan proses rooting,Anda bisa mencoba aplikasi Root Checker untuk mengetahuinya [ setelah Anda install aplikasi ini klik pada Verivy Root Acess ].

Untuk proses unroot ( menghilangkan root dari gadget android Anda ) dengan menggunakan aplikasi Framaroot,langkah-langkahnya juga sangat simpel,yaitu :

- Buka aplikasi Framaroot
- Pilih Unroot pada drop down menu aplikasi tersebut
- Android Anda akan unroot secara otomatis.

Itulah uraian singkat tentang cara-cara root android tanpa PC atau komputer,serta keuntungan dan kerugian yang ditimbulkan dari adanya proses root tersebut.Setelah membaca uraian singkat ini sebaiknya Anda pertimbangkan kembali jika benar-benar ingin melakukan proses rooting pada gadget Android Anda dengan melihat efek positif dan negatif yang ditimbulkan.Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment