11/8/11

Smartphone Anda Basah Terkena Air? Jangan Panik,Inilah 6 Tips untuk Mengatasinya!

Dalam kehidupan sehari-hari terkadang ada saja kejadian nahas yang harus kita alami.Salah satunya mungkin gadget kesayangan kita secara tidak sengaja tercebur atau terendam ke dalam air.Jika mungkin saat ini Anda mengalami kejadian seperti di atas, Simak langkah-langkah untuk menyelamatkan smartphone yang sudah basah kuyup tersebut.

6 Tips untuk menyelamatkan smartphone yang basah kuyup

Berikut ini adalah 6 langkah taktis yang bisa Anda terapkan untuk menyelamatkan smartphone yang basah atau terendam air agar bisa digunakan kembali.

Ilustrasi/pexels.com

Tidak perlu panik

Memang,hal seperti ini terkesan sepele,namun ini benar-benar penting untuk Anda perhatikan. Biasanya kebanyakan orang yang baru tersadar bahwa gadget genggam kesayangannya telah tercebur atau basah karena hujan lantas panik. Akibatnya, ia hanya meratapi keadaan yang menimpanya tanpa tahu harus berbuat apa.
Padahal ada hal yang lebih penting dan harus segera dilakukan daripada hanya berpanik ria dan emosi yang tidak menentu.Langkah pertama yang harus segera dilakukan adalah mengeluarkan gadget kesayangan anda dari 'zona berbahaya',dalam hal ini segeralah untuk menyelamatkan smartphone anda dari air.

Segera keluarkan baterai

Inilah langkah selanjutnya yang harus dilakukan ketika ponsel Anda tercebur atau basah lantaran kehujanan,segera keluarkan baterai. Langkah ini harus diambil dengan cepat untuk menyelamatkan sirkuit-sirkuit di gadget tersebut agar tidak rusak terkena air. Tak lupa, lepas juga segala aksesoris yang terdapat pada smartphone, seperti cover dan gantungan kunci.

Lakukan pengeringan

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengeringkan smartphone yang tengah basah. Cara praktis yang direkomendasikan adalah dengan mengelapnya dengan handuk atau tissue. Jika tidak ada, menggunakan sapu tangan juga bisa anda jadikan pilihan.

Anda harus berhati-hati dalam melakukan hal ini, jangan terlalu banyak menggoyang dan menggerakkan gadget tersebut. Selain itu, usahakan agar partikel-partikel kecil yang ada pada handuk atau bahan yang digunakan untuk mengelap agar tidak tertinggal di bagian dalam ponsel.

Gunakan Vacuum cleaner atau hair dryer

Memang hal ini terdengar lucu, tetapi menggunakan alat penyedot debu (vacuum cleaner) dapat bermanfaat untuk mengeluarkan sisa-sisa air di dalam perangkat gadget Anda.

Di sisi lain,Anda tidak direkomendasikan untuk menggunakan hair dryer,karena kedua alat ini (vacuum cleaner dan hair dryer) memiliki cara kerja berbeda. Vacuum cleaner bekerja dengan cara menghisap, sedangkan hair dryer malah beroperasi dengan menyemburkan angin. Nah, sifat hair dryer inilah yang berpeluang untuk mendorong sisa-sisa air yang ada di ponsel agar terjerembab lebih jauh ke bagian dalam perangkat gadget anda.

Simpan dalam beras

Simpan  gadget yang habis tersiram atau tercebur ke dalam air tersebut pada sesuatu yang dapat menyerap air.Cara yang paling populer adalah dengan menempatkannya di wadah yang berisi beras.Sebabnya, beras adalah benda yang memiliki sifat untuk menyerap kelembaban. Ini berlaku pada segala macam jenis beras,jadi anda tidak perlu bingung memilih beras apa yang cocok.Namun,perlu waktu untuk melakukan cara ini, atau akan lebih baik jika ponsel tersebut disimpan saja semalaman.

Bersabar

Setelah semua tahap di atas dilakukan, kini 'jurus' terakhir adalah soal mau atau tidaknya anda untuk bersabar.Anda diharuskan untuk tidak langsung kembali memasang baterai dan coba menyalakan gadget tersebut ketika sudah menjalankan cara-cara di atas.Sebaiknya, tunggulah paling tidak 24 jam. Satu hal penting yang harus anda pertimbangkan, jangan lantas terburu-buru untuk membeli ponsel baru, sebab biasanya dengan tahap-tahap di atas banyak ponsel yang basah kuyup bisa terselamatkan.

Penutup

Pada intinya jika kita mengalami hal-hal seperti di atas,ada baiknya untuk segera melakukan sesuatu tanpa harus panik,serta ada tahap-tahap usaha yang harus kita coba dan lakukan.Demikianlah ulasan singkat 6 tips untuk menyelamatkan smartphone yang basah kuyup.Selamat mencoba,semoga uraian sederhana ini dapat memberikan manfaat bagi anda.

1 comment: