4/28/12

Bingung Memilih Pakaian untuk Wawancara Kerja? Ikuti 10 Tips ini

Penampilan yang baik akan memberikan kesan pertama yang baik pula,selain itu tentunya Anda akan merasa lebih percaya diri.

Jika Anda mendapat sebuah panggilan untuk wawancara kerja,penampilan merupakan salah satu hal yang menjadi kunci,karena dengan berpenampilan yang baik maka akan memberikan kesan pertama yang baik pula.Selain itu semakin baik penampilan Anda tentunya akan membuat Anda semakin percaya diri.
Ilustrasi

Dengan berpakaian secara baik dan sopan,maka Anda telah menunjukkan sikap professionalisme,sehingga memungkinkan Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.
Berikut ini adalah 10 tips berpakaian yang perlu Anda ketahui jika Anda menghadiri sebuah wawancara kerja

Pakai parfum secukupnya,jangan terlalu menyengat

Aroma parfum yang terlalu menyengat akan membuat orang disekeliling Anda,termasuk si pewawancara akan merasa pusing,bahkan alergi.Untuk itu pakailah parfum secukupnya saja,jangan berlebihan yang tentunya akan menimbulkan aroma yang terlalu menyengat.

Pilih sepatu yang sesuai

Sepatu yang mempunyai hak tidak terlalu tinggi merupakan pilihan yang bagus.Jangan lupa cocokkan dengan warna dan model pakaian yang Anda kenakan.

Hindari busana yang terlalu kasual

Busana yang terlalu kasual atau santai memang terasa nyaman saat digunakan.Tetapi ketika Anda menjalani proses wawancara kerja,hindarilah busana yang terlalu kasual.Kemeja,rok,dan blazer adalah pilihan yang tepat.Dengan memakai pakaian tersebut maka Anda secara tidak langsung mengkomunikasikan kepada pewawancara bahwa Anda kelihatan dewasa,profesional,dan dapat bekerja sama dengan tim.

Pilih pakaian yang serasi

Warna-warna netral seperti hitam,putih,biru gelap atau coklat dapat menjadi pilihan yang bagus bagi Anda.Hindarilah warna-warna yang cerah yang mencolok seperti pink dan warna merah menyala.

Hindari memakai perhiasan berlebihan

Tentunya banyak diantara Anfa yang suka memakai beraneka ragam perhiasan ketika bepergian.Tetapi ketika Anda datang ke sebuah wawancara kerja,sebaiknya hindarilah hal tersebut.Anda cukup kenakan satu atau dua cincin dan sebuah kalung yang simpel.

Make up berlebihan? coba pikir dulu!

Tujuan Anda adalah wawancara kerja dan bukan untuk main lenong atau ke sebuah pesta,oleh karenanya make up yang simpel akan menjadi sebuah pilihan yang tepat.Cukup memakai 
Lipstik dan blush on dengan warna netral akan menjadi pilihan terbaik.

Perhatikan tatanan rambut Anda

Rambut yang terlihat rapi dan konservatif tentunya akan menambah nilai plus Anda dimata pewawancara.Oleh karena itu perhatikan tatanan rambut Anda,jika Anda mempunyai rambut yang panjang usahakan kuncir atau sisir dengan rapi.

Kuku yang rapi dan tidak kotor

Hal kecil,tetapi dapat berdampak besar jika Anda tidak memperhatikan kerapihan dan kebersihan kuku Anda.

Hindari berpakaian terlalu seksi

Selain tidak nyaman dan tidak sedap untuk dipandang,pakaian yang terlalu seksi tentunya sangat kurang pas jika Anda pakai saat wawancara kerja.Hindari memakai pakaian yang terlalu seksi,dan pakailah pakaian yang layak.

Rileks dan tenang

Tetap bersikap rileks dan tenang ketika Anda memasuki ruangan wawancara dapat menghindarkan Anda dari perasaan gugup.Tetap tenang dan jangan lupa tersenyum.

1 comment: