11/8/11

Tips Sederhana agar Kinerja Komputer Secepat Kilat

Apa jadinya jika komputer yang kita gunakan sehari-hari dalam membantu memperlancar aktifitas kinerjanya menjadi lambat dan tidak sesuai dengan yang kita harapkan?.Tentu kita akan merasa jengkel bukan? Karena pasti banyak waktu yang akan terbuang sia-sia hanya karena kita terlalu lama menunggu loading sebuah aplikasi yang akan kita gunakan,sehingga bagi yang tidak sabar hal tersebut dapat membuat kita menjadi lebih mudah untuk naik darah.Untuk itu,jika kinerja sebuah komputer tiba-tiba menjadi lambat,alangkah baiknya untuk memperhatikan hal-hal berikut,karena bisa juga hal-hal ini yang menjadi salah satu penyebab mengapa kinerja komputer sering menjadi lambat.

Working at office/image source:pexels.com

Tips Sederhana agar Kinerja Komputer Secepat Kilat

Agar kinerja sebuah komputer dapat lebih optimal dan seperti yang kita harapkan,berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan.


Operasikan aplikasi seperlunya saja

Salah satu hal penting yang harus kita perhatikan apabila ingin membuat kinerja komputer lebih maksimal yaitu dengan cara menjalankan aplikasi seperlunya .Apabila Anda sedang bekerja membuat sebuah presentasi   dengan Power Point, maka usahakan untuk gunakan program itu saja tanpa membuka program atau aplikasi yang lain. Membatasi diri Anda untuk tidak membuka program lainnya juga akan meningkatkan produktivitas kerja,karena konsentrasi kita tidak menjadi terbagi.

Ketika ingin menutup suatu program tetapi komputer yang Anda gunakan tidak merespons atau terjadi eror,maka solusinya ialah dengan memencet tombol Ctrl+Alt+Del pada keyboard dan memilih Task Manager di logo Start.
Beberapa komputer mempunyai beberapa program atau aplikasi yang berjalan dengan sendirinya. Akan tetapi, Anda bisa menghentikannya agar tidak terjadi,karena hal tersebut juga dapat berpengaruh terhadap waktu yang diperlukan dalam loading sebuah komputer.

Periksa komputer anda

Apabila PC yang Anda gunakan tidak diproses dari nol, maka seseorang pernah mengambil alih PC tersebut.Hal yang perlu anda lakukan yaitu pergi ke toko komputer untuk melakukan pengecekan dan servis. Perlu Anda tahu bahwa saat selesai diinstall dari toko, akan ada beberapa aplikasi yang akan jarang dipakai oleh Anda.
Solusi yang bisa diterapkan adalah, Anda akses Control Panel lalu pilih Programs and Features-->add or remove program  untuk meng-unsintall program yang tidak begitu penting bagi Anda. Akan tetapi, hal yang perlu diperhatikan saat melakukan ini ialah untuk tidak membuang program seperti Microsoft Office atau antivirus,dan biarkan saja kedua program tersebut tetap berjalan dalam komputer anda.

Prioritaskan keamanan saat browsing

Aplikasi browser yang populer seperti Firefox dan Chrome memberikan Anda fitur yang lebih dari hanya sekedar  browsing informasi di internet. Fitur tambahan atau add ons yang terdapat dalam browser tersebut dapat membuat browser aplikasi menjadi lebih handal. Hal seperti melihat email yang belum dibuka, informasi terkini tentang cuaca dan kejadian penting di sekitar Anda, bermain game pokemon go dan Twitter merupakan tiga dari jutaan hal yang bisa dilakukan lewat browser. Dengan demikian, anda tidak perlu menggunakan aplikasi lain untuk melakukan aktivitas serupa.

Jalankan aplikasi antivirus pada waktu tertentu saja

Selama ini mungkin Anda mengira bahwa dengan menjalankan aplikasi Antivirus merupakan salah satu kunci untuk browsing aman di internet. Akan tetapi Anda harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan hal ini agar tidak menganggu kecepatan dari komputer Anda.

Disarankan agar komputer Anda menjalankan analisa virus di komputer pada waktu tertentu ,yaitu pkl 09.00 pagi-17.00 sore saat sedang bekerja. Lalu pada jam 18.00 -19.30 malam ketika Anda sedang bersantai bersama keluarga.Waktu yang lain yaitu saat tidur yang bisa dilakukan jam 01.00-04.00 dini hari.

Carilah waktu yang tepat bagi Anda dan ingat untuk selalu mengaktifkan fitur analisa virus yang diperbaharui agar keamanan Anda selalu terjaga saat berselancar di dunia maya.

Tambah memori komputer Anda

Ketika Anda telah berhasil mengikuti poin 1-4 dan ternyata komputer Anda masih belum ada perubahan yang berarti, mungkin komputer Anda perlu ditambahkan memori (RAM). Dengan ini, komputer seperti mempunyai space yang lebih banyak untuk menjalankan aplikasi yang dipakai.
Untuk mengetahui berapa banyak jumlah RAM yang tepat untuk komputer Anda, sebaiknya bisa dikonsultasikan ke teknisi atau toko komputer untuk mencegah kerusakan yang tidak  terduga.

Penutup

Itulah lima poin yang harus diperhatikan jika Anda menginginkan kinerja sebuah komputer dapat berjalan secara maksimal sehingga akan menambah produktifitas dalam melakukan aktifitas sehari-hari.Selain kelima point di atas,Anda juga harus memperhatikan aspek yang lain seperti perawatan pada bagian hardware sehingga komputer yang Anda gunakan akan mempunyai kinerja yang mumpuni.Demikian uraian singkat tentang bagaimana cara untuk membuat kinerja sebuah komputer secepat kilat.Semoga uraian singkat ini dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment