11/26/11

Tips Berani Berkata "Tidak!"

Anda tentunya pernah merasa begitu tidak nyaman dengan situasi yang anda hadapi, namun mungkin merasa tidak  enak untuk menolak teman yang meminta bantuan Anda? Atau Anda menyanggupi tugas baru yang atasan berikan padahal sebenarnya waktu Anda tak tersisa lagi minggu ini? Berhati-hatilah, situasi tersebut bisa menjadi pemicu timbulnya tekanan tertentu padahal sebenarnya hal tersebut  bisa diatasi hanya dengan sebuah kata ‘tidak’.

Oh no!/shutterstock

Alasan Berkata ‘Tidak’


Walaupan  berkata tidak bukanlah solusi terbaik pada situasi seperti saat itu namun menyanggupinya hanya akan memperburuk situasi. Akibatnya, selain Anda bisa saja jatuh sakit karena tenaga terkuras, Anda akan merasa sangat tertekan dan meratapi keadaan ini terus menerus.Tak pelak,situasi ini sangat tidak menguntungkan bagi Anda ataupun lingkungan sekitar.
Mengukur kapasitas diri dengan cermat dan sesuai kemampuan akan mempermudah Anda untuk berani berkata tidak. Selain Anda bisa membagi waktu untuk melakukan aktifitas lain yang lebih menyenangkan, seperti bermain bersama keluarga atau mengerjakan hobi, tanggung jawab yang kini berada di tangan Andapun dapat terselesaikan secara maksimal.

Kapan Waktu untuk Berkata Tidak?

Gunakan strategi berikut untuk memberi prioritas mana aktivitas yang patut Anda utamakan atau sebaliknya

# Evaluasi berapa aktivitas yang menjadi tanggung jawab Anda sampai saat ini. Susunlah skala prioritas dalam melaksanakannya. Tanyakan pada diri Anda,apakah Anda masih sanggup untuk menerima sebuah komitmen baru? Masih adakah waktu yang tersisa untuk itu?

# Berapa lama aktivitas baru tersebut akan menghabiskan waktu Anda? Bila tambahan aktivitas tersebut sampai ‘merenggut’ hampir seluruh waktu istirahat Anda dan memaksa Anda terus bekerja tanpa ada jeda, silahkan katakan tidak dari pada stres akan menghantui pikiran Anda.

# Lepaskan rasa bersalah Anda ketika teman-teman Anda secara tiba-tiba mengajak kumpul bersama sementara pada waktu yang bersamaan Anda sudah punya rencana dengan pasangan. Menolak ajakan ‘mendadak’ bukan hal yang salah, prioritaskanlah apa yang sudah Anda rencanakan. Jangan biarkan hidup Anda dalam kungkungan rasa bersalah.

# Mintalah tempo 1-2 hari untuk berpikir bila ada yang teman atau saudara yang meminta bantuan Anda, jangan langsung menjawab bahwa anda menyanggupinya. Gunakan waktu yang ada untuk mempertimbangkan apakah Anda masih punya ruang untuk melakukan satu tambahan pekerjaan lagi atau tidak. Pikirkan dengan masak-masak, jangan salah menjawab.

Bagaimana Cara Mengatakannya

Berikut adalah hal yang harus Anda perhatikan jika Anda harus berkata tidak.

# Meski tidak mudah pada awalnya,tetapi dengan berfokus pada situasi ‘overload’/tak nyaman yang nantinya bakal Anda temui, percayalah, berkata Tidak menjadi sesuatu hal yang mudah untuk anda lakukan.

# Dalam hidup ini sewajarnya kita memberi perhatian secara berimbang pada setiap aspek dalam kehidupan kita. Jika satu aspek terlalu mendominasi waktu yang kita miliki, keseimbangan hidup akan terganggu. Kondisi ini akan membuat sistem dalam tubuh terganggu pula,sehingga sangat rentan untuk terserang berbagai macam penyakit.

No comments:

Post a Comment