11/13/11

Tahukah Anda,Inilah Reaksi Tubuh Kita Saat Menghisap R*k*k

Sebatang r*k*k yang diisap seseorang akan habis dalam 10 embusan dan dalam tempo waktu lima menit.Namun, dalam tempo sesingkat itu terdapat kurang lebih 4.000 jenis zat kimia yang mencemari organ-organ tubuh. Lihat seperti apa reaksi apa yang terjadi ketika kita merokok.

0-10 detik sejak isapan pertama

Pada awal menghisap, asap r*k*k akan memasuki mulut dan meninggalkan lapisan berwarna cokelat tipis di gigi. Gas bersifat tok
racun seperti formalin dan amonia yang terhirup akan membuat sistem imun dalam tubuh kita menjadi waspada sehingga terjadi inflamasi.

Ilustrasi sakit kepala/pexels.com

Begitu memasuki tenggorokan, asap r*k*k akan melambatkan cilia, yang merupakan alat penyapu kecil dan bertanggung jawab untuk membersihkan sistem pernapasan dari partikel berbahaya. Sementara itu, n*kot*n yang naik ke udara langsung menuju ke pembuluh darah melalui jutaan kapiler di dalam paru-paru.
Ketika n*kot*n memasuki kelenjar adrenal, tubuh akan merasakan sentakan energi yang memicu pengeluaran adrenalin sehingga tekanan darah dan juga detak jantung meningkat. Akibatnya, jantung akan kesulitan untuk mengendur di antara detak jantung sehingga risiko untuk terkena stroke pun semakin tinggi.
Pada waktu yang bersamaan, karbon monoksida dari asap rokok akan mulai menumpuk di dalam darah sehingga kemampuan tubuh untuk mensuplay oksigen ke organ penting berkurang.
Melalui peredaran darah, nikotin masuk ke otak dan direspons sel saraf tertentu dengan cara pelepasan secara deras neurotransmiter dopamin yang memberikan perasaan nyaman.Rupanya Inilah yang menyebabkan merokok menimbulkan rasa ketagihan.

5 Menit

Setelah level dopamin kembali  ke tingkat normal,tubuh menginginkan perasaan high lagi walau kita tidak menyadari akan hal tersebut. Bila kita sering menuruti keinginan tersebut, otak akan terbiasa dan mulai muncul rasa ketagihan. Akibatnya, akan sulit bagi Anda untuk lepas dari jerat r*k*k.
Meskipun r*k*k Anda sudah dimatikan, di dalam tubuh masih menumpuk kandungan beracun untuk jangka waktu 6-8 jam ke depan.

Ternyata cukup mengerikan bukan? Itulah yang terjadi jika kita menghisap r*k*k.Hanya dalam hitungan menit,sebatang r*k*k telah mampu membuat tubuh kita terkontaminasi dengan racun-racun yang sangat berbahaya.Oleh karenanya,mari kita sayangi diri kita.Bagi anda yang tidak merokok,saya ucapkan selamat karena berarti anda benar-benar memperhatikan kesehatan.Dan bagi para p*r*k*k,marilah mulai saat ini berusaha untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut karena kesehatan merupakan salah satu anugerahvyang tidak bisa dinilai dengan apapun di dunia ini.

sumber : womenshealth

No comments:

Post a Comment