11/11/11

6 Tips Sederhana untuk Tingkatkan Daya Ingat

Kita semua pasti pernah mengalaminya kejadian-kejadian seperti ketika Anda pergi ke supermarket dan tiba-tiba lupa apa saja yang seharusnya dibeli. Tidak bisa mengingat nama teman kantor tempat suami anda bekerja, atau lupa di mana anda meletakkan kunci mobil.

Peristiwa-peristiwa seperti itu sangatlah wajar,apalagi ketika Anda sedang banyak pikiran dan merasa tertekan.Meski begitu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa kondisi yang sering disebut dengan pikun atau menurunnya daya ingat ini, ternyata bisa terus memburuk seiring dengan bertambahnya usia yang terjadi. Bahkan hal ini bisa jadi gejala-gejala awal alzheimer atau dimentia.
Thinking/pexels.com
Jika gangguan ingatan yang terjadi sudah mulai menyulitkan hidup dan aktifitasAnda, maka perlu dilakukan upaya yang bisa meminimalisir sifat lupa itu. Berikut ini beberapa langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menjaga atau meningkatkan daya ingat, seperti dikutip dari Health.

Konsumsi roti panggang sebagai menu sarapan

Sebuah penelitian yang dilakukan di Tuft University menemukan bahwa mereka yang tidak mengonsumsi cukup karbohidrat di pagi hari memiliki daya ingat yang buruk.Hal ini disebabkan karena sel otak Anda membutuhkan karbohidrat untuk berfungsi secara maksimal.Roti gandum panggang mengandung unsur karbohidrat kompleks yang baik untuk diet dan juga  otak Anda.

Sempatkan berolahraga pagi sebelum pergi beraktifitas

Menurut penulis "Welcome to Your Brain",Sandra Aamodt,PhD, olahraga dapat  meningkatkan peredaran darah ke otak dan menyuplai lebih banyak oksigen serta glukosa yang sangat diperlukan sebagai bahan bakar. Berdasarkan penilitian yang diadakan oleh Journal Neurobiology of Learning and Memory, Anda dapat mempelajari kosakata baru 20% lebih cepat setelah berolahraga. Disarankan untuk mengambil kelas aerobik atau kickboxing, agar Anda dapat melatih memori dengan cara menghafalkan gerakan yang diberikan oleh instruktur.

Rubah font tulisan

Apakah Anda terbiasa menggunakan font Times New Roman? Cobalah mengganti font tulisan yang sering anda gunakan. Memfokuskan otak terhadap jenis font tulisan yang berbeda dapat memaksimalkan kinerja otak. Mengubah font tulisan dari Times New Roman menjadi Comic Sans dapat melatih otak untuk lebih berkonsentrasi.

Browsing Ketika waktu Jam Makan Siang

Sebuah studi yang diadakan di University of California menunjukkan, menghabiskan waktu selama satu jam sehari di internet dan browsing mengenai hal yang Anda sukai dapat menstimulasi bagian frontal lobe otak,yaitu dengan cara menyimpan memori jangka pendek. Sirkuit syaraf akan lebih terstimulasi ketika Anda melakukan pengambilan keputusan sambil mengasah kemampuan verbal dan visual-spasial anda.

Selalu ingat tempat parkir mobil anda

Sering lupa di mana Anda memarkir mobil? Cobalah cara ini untuk mengatasinya. Begitu anda keluar dari mobil, lihatlah ke sekeliling tempat parkir,lalu gerakkan mata Anda ke kiri dan kanan setiap satu atau dua detik selama 30 detik. Latihan visual ini dapat meningkatkan memori jangka panjang Anda hingga 10%.

Menggunakan Dental Floss Sebelum Tidur

Menggunakan dental floss secara teratur sebelum tidur dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut, begitu pula dengan daya ingat. Apabila Anda tidak menggunakan dental floss, dapat terjadi pembengkakan di gusi dan meningkatkan resiko masuknya bakteri jahat ke aliran darah. Ketika sudah berada di dalam aliran darah, bakteri dapat menyebabkan radang di bagian tubuh termasuk otak. Gunakanlah dental floss dua kali sehari untuk mencegah hal tersebut.

No comments:

Post a Comment