11/11/11

Ingin Terhindar dari Sakit Kepala? Gunakan 6 Cara ini!

Sakit kepala sering dialami hampir oleh semua orang dan tidak pandang usia,mulai dari anak-anak hingga dewasa. Sakit kepala terkadang makin sering terjadi ketika seseorang dalam keadaan stres, kepala dipenuhi berbagai macam  pikiran atau mengonsumsi makanan tertentu. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko sakit kepala. Berikut ini adalah enam cara tersebut, seperti yang dikutip dari Discoverchannel.

Ilustrasi sakit kepala/pexels.com

Kurangi Stres

Meskipun untuk menghindari stres adalah suatu hal yang mustahil, tapi Anda bisa mengurangi dampaknya. Pelajari cara untuk melawan stress seperti memutar kaset untuk relaksasi, mandi dalam waktu lama, pijat,mencari hiburan atau segala sesuatu yang dapat meminimalisasi dampak dari stres yang terjadi pada tubuh Anda.

Berhenti mer*k*k dan minum alk*h*l

R*k*k merupakan salah satu faktor penyebab untuk beberapa jenis sakit kepala. Bahkan asap rokok atau cerutu merupakan sumber yang dapat memicu sakit kepala bagi beberapa orang. Begitu juga dengan wine atau bir, minuman dengan kadar alk*h*l tertentu juga dapat  menyebabkan sakit kepala bagi banyak orang.

Sayangi mata anda

Duduk berlama-lama di depan komputer selama seharian dapat memicu mata lelah yang menyebabkan tekanan ke kepala. Beberapa orang mengatasinya dengan cara memakai kacamata khusus untuk menghindari efek tersebut.

Jangan selalu bergantung pada obat

Ada baiknya jika Anda menghindari ketergantungan pada obat-obat bebas yang dengan mudah didapat di pasaran. Jika Anda harus meminum dosis yang maksimal lebih dari 2 sampai 3 kali seminggu lebih baik konsultasi saja ke dokter, karena minum obat tidak selamanya manjur untuk membebaskan diri dari serangan sakit kepala yang menyiksa. Apalagi jika terlalu sering minum obat-obatan malah hanya akan mengganggu lambung anda.

Makan secara teratur

Waktu makan yang tidak teratur apalagi sampai mengabaikannya dapat memicu sakit kepala bagi sebagian orang.Disarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat yang kaya karbohidrat dan rendah lemak serta minum banyak air untuk mencegah Anda dari dehidrasi atau berkurangnya cairan pada tubuh.

Sikap tegak dalam beraktifitas

Membawa tas,cara menelepon, duduk di belakang kemudi mobil dengan posisi yang salah kadang menjadi penyebab sakit kepala karena dapat menimbulkan kejang otot, leher dan bahu yang kemudian mengarah pada ketegangan di kepala. Usahakan untuk menjaga badan anda dalam posisi tegak saat melakukan berbagai aktivitas.


No comments:

Post a Comment