11/13/11

Riset: Memadu Kasih, Cara Terbaik Menuju Bahagia

Memadu kasih adalah cara terbaik untuk mendapat kebahagiaan, dan hal tersebut sudah dibuktikan secara ilmiah. Sebuah penelitian yang dilakukan ilmuwan George MacKerron bersama London School of Economics mendapatkan bahwa memadu kasih bisa meningkatkan perasaan bahagia lebih baik dari apapun.
Ilustrasi/images by pexels.com

Dilansir dari Times of India, studi tersebut melibatkan lebih dari 45.000 orang pengguna Apple. Mereka diminta untuk merekam aktivitas, tempat dan tingkat kebahagiaan yang dirasakan dengan menggunakan aplikasi yang khusus diciptakan untuk kebutuhan penelitian. Perekaman dilakukan secara berkala hingga lima kali dalam sehari.

Melalui aplikasi sejenis hedonimeter yang dapat melacak perubahan perasaan manusia dari menit ke menit tersebut, para ahli pun mendapat sejumlah penemuan menarik. Proyek penelitian bernama 'Mappiness' ini menemukan bahwa perayaan natal adalah hari paling bahagia dalam satu tahun dan puncak kebahagiaan itu paling banyak dirasakan pada 25 Desember pukul 13.50.

Mereka juga menemukan, pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton pada 29 April silam juga merupakan hari paling membahagiakan khususnya bagi masyarakat Inggris. Para peneliti menyimpulkan, selama penelitian dilakukan mulai April 2011, kebanyakan individu merasa bahagia di waktu-waktu liburan.

Tak hanya itu, proyek 'Mappiness' juga menemukan lima cara terbaik untuk mendapatkan kebahagiaan, dengan memadu kasih berada di urutan teratas. Ini dia daftarnya secara detail:

1. Memadu kasih - 12,9%

2. Berolahraga - 6,5%

3. Menikmati konser/teater - 6,5%

4. Bernyanyi - 5,9%

5. Mentunjungi pameran atau perpustakaan - 5,6%

Lantas apa yang membuat aktivitas memadu kasih ini membawa kebahagiaan? Banyak pakar s*ks yang mengatakan bahwa memadu kasih bisa membuat Anda menjadi lebih rileks dan jauh dari stres. Hal tersebut dikarenakan sp*rma mengandung zat pengubah mood, seperti estrog*n, prolakt*n, h*rmon pelute*n, dan prostagland*n.

Memadu kasih bisa menjadi satu-satunya peningkat mood positif yang efektif ketika momen memadu kasih tersebut dilakukan secara aman. Menurut sebuh penelitian,memadu kasih bisa memberikan rasa tenang dan santai. Aktivitas s*ksu*l juga merangsang produksi h*rm*n oks*tos*n dalam tubuh. H*rm*n ini berguna untuk menimbulkan efek santai.

Sebuah studi membuktikan peningkatan oksit*s*n dapat menyembuhkan sakit kepala, kram, susah tidur bahkan stres. Oleh karena itu, mereka yang sering memadu kasih akan terlihat lebih bahagia dan dapat mengatasi stres lebih baik. Anda setuju?

No comments:

Post a Comment