1/18/12

Inilah 25 Keuntungan yang Akan Anda Dapatkan Jika Tidak Merokok

Merokok memang sangat merugikan,tidak hanya dari segi kesehatan,tetapi juga dari sisi finansial.Tetapi ada saja alibi atau pembelaan yang dikemukakan para perokok hanya untuk sekedar 'melegalkan' kebiasaan mereka tanpa disadari bahwa rokok ibarat sebuah senapan yang telah terisi peluru,dan kapan saja bisa ditembakkan ke arah kita.

Jika selama ini ancaman kesehatan dan kerugian yang ditimbulkan akibat merokok tidak mempan untuk membuat seseorang 'pensiun' dari aktivitas merokok, bagaimana jika membeberkan semua keuntungan yang bisa diperoleh jika tidak merokok?.Sebenarnya tidak ada satupun manfaat yang dapat kita peroleh dari rokok.Yang ada hanyalah investasi penyakit yang akan menggerogoti kesehatan secara perlahan-lahan.Berikut ini adalah 25 keuntungan yang bisa Anda peroleh jika  tidak menghisap rokok.



Seperti yang dilansir dari Health, peneliti dari Peninsula Medical School, Inggris menyebutkan banyak keuntungan yang akan diperoleh seandainya tidak merokok, diantaranya 25 keuntungan berikut.

Bisa Lebih Berhemat 

Salah satu keuntungan berhenti merokok adalah keadaan finansial Anda yang semakin baik karena dapat menghemat dalam pengeluaran uang yang lebih besar untuk membeli rokok.Dengan berhenti merokok,uang tersebut bisa Anda alihkan untuk membeli barang-barang lain yang tentunya lebih berguna.

Anda akan terpapar lebih sedikit bakteri 

Selain zat-zat toksin yang terkandung dalam rokok,menghisap rokok juga sama saja dengan menghirup bakteri yang bisa membuat imun tubuh menjadi lemah,sehingga lebih mudah untuk terserang penyakit.

Anda bisa lebih cerdas

Mengapa hal ini bisa terjadi? Ya,karena dengan Anda tidak merokok maka akan terhindar dari kecanduan zat kimia rokok yang bisa merusak otak.

Kemampuan s*ksu*l meningkat

Berhenti merokoklah mulai sekarang! dengan demikian Anda akan memiliki kemampuan s*ksu*l yang lebih baik karena aliran darah dan sirkulasinya yang lebih baik dan bersih.

Tidur lebih berkualitas

Salah satu zat adiktif yang terkandung dalam rokok adalah nikotin.Dengan berhenti merokok maka pasokan nikotin yang masuk ke dalam tubuh Anda akan terhenti sehingga Anda bisa tidur dengan lebih nyenyak,karena nikotin adalah zat yang bisa mengganggu produksi hormon tidur.

Tulang lebih sehat dan kuat

Anda tentu ingin memiliki tulang yang sehat dan kuat bukan? Dengan tidak merokok maka keinginan Anda akan bisa terwujud
karena kepadatan mineral tulang tidak akan tercuri dan berkurang akibat rokok.Selain itu penyakit rematik parah juga masih ada kaitannya dengan kebiasaan merokok.

Terhindar dari penyakit psoriaris 

Apakah ada hubungan antara kebiasaan merokok dengan penyakit yang satu ini?.Jawabannya adalah 'ada' karena studi terkini menyebutkan ada hubungannya antara perokok dengan penyakit kulit psoriaris.

Tubuh akan terasa lebih hangat


Dengan tidak merokok maka Anda tidak akan merasa kedinginan karena sirkulasi darah akan berjalan dengan lancar dan menghangatkan tubuh.

Imun tubuh akan lebih baik bagi penderita AIDS

Anda yang memiliki penyakit AIDS tidak akan mengalami proses penyusutan daya tahan tubuh yang lebih cepat.
Anda akan terhindar dari semua penyakit kronis yang diakibatkan oleh rokok, terutama penyakit jantung yang punya risiko 4 kali lipat.

Terhindar dari tumor otak

Anda bisa terhindar dari meninggal dunia yang disebabkan oleh tumor otak karena asap rokok yang masuk ke paru-paru bisa menyebar cepat ke dalam pembuluh darah di otak.

Gigi lebih bersih dan sehat

Dengan berhenti merokok Anda tidak perlu dikhawatirkan lagi dengan masalah gigi kuning dan bau mulut karena zat kimia dalam rokok tidak masuk lagi ke mulut dan tidak akan merusak gigi.

Memiliki keriput yang lebih sedikit 

Memang jika kita perhatikan muka perokok cenderung terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya.Hal ini disebabkan karena rokok bisa merusak jaringan dan elastisitas kulit setelah 10 tahun.Jika ingin memiliki penampilan yang awet muda,berhenti merokok merupakan salah satu solusinya.

Indra penciuman akan berfungsi lebih baik

Anda akan memiliki indera penciuman yang lebih baik sehingga Anda pun bisa mengonsumsi makanan dengan lebih nikmat.

Rambut lebih kuat

Anda bisa punya rambut yang lebih kuat dan tidak akan cepat mengalami kebotakan.

Lebih produktif

Anda akan menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan lebih produktif karena jarang sakit.


Terhindar dari stres

Ketika Anda masih menjadi seorang perokok mungkin sering sekali merasa sering stres karena tekanan keluarga dan orang-orang yang ingin Anda berhenti merokok.

Terhindar dari bronkitis

Dalam rokok terkandung berbagai macam zat racun yang menyebabkan berbagai macam penyakit,salah satunya adalah batuk bronkitis.Dengan menghentikan kebiasaan merokok maka akan Anda terhindar dari batuk dan bronkitis yang mengganggu.

Menyelamatkan bayi tak berdosa

Sadar atau tidak,para perokok aktif sebenarnya sangat merugikan bagi lingkungan sekitarnya melalui asap yang ia hembuskan ketika merokok,terutama ketika sedang dekat dengan bayi atau anak-anak.Dengan berhenti merokok maka anda adalah orang yang bijak karena anda akan ikut menyelamatkan bayi dan anak-anak yang tidak berdosa dari gangguan asap rokok.

Lebih berpeluang mendapatkan keturunan

Anda akan memiliki sp*rm* yang lebih banyak dan sehat karena risiko sp*rm* cacat akibat bahan kimia rokok akan berkurang,sehingga peluang Anda memperoleh keturunan pun akan lebih besar.

Lebih dicintai pasangan

Anda akan lebih dicintai pasangan, menjadi pencium yang baik dan kemungkinan pasangan meninggalkan anda pun akan berkurang karena kebanyakan wanita tidak suka bau asap rokok.Selain itu ada satu peribahasa yang perlu anda renungkan bahwa "Mencium seorang perokok tak ubahnya bagaikan mencium sebuah asbak rokok",karena bau yang anda timbulkan sama dengan yang dikeluarkan oleh sebuah asbak rokok.

Menjadi figur yang baik

Jika Anda adalah pria yang sudah berkeluarga,memutuskan untuk berhenti merokok atau tidak menyentuh rokok sama sekali adalah suatu tindakan yang bijaksana,karena tentunya Anda ingin menjadi figur yang baik bagi keluarga bukan?.Selain itu Anda akan menjadi contoh dan dapat jadi motivator yang baik untuk teman yang ingin berhenti merokok.

Nafas lebih lega

Anda bisa bernafas lebih panjang karena karbonmonoksida dari rokok tidak akan masuk ke dalam darah dan membatasi jumlah oksigen yang masuk untuk bernafas.

Kesempatan hamil lebih besar

Bagi Anda kaum wanita,Anda bisa punya kemungkinan untuk hamil lebih besar karena terhindar dari kanker ovarium atau rusaknya sel-sel telur dan fungsi reproduktif wanita.

Risiko cacat lebih rendah

Anda punya risiko melahirkan anak cacat yang lebih rendah karena zat kimia dalam rokok bisa menjadi sebab mutasi gen yang diturunkan pada anak.

Umur lebih panjang

Anda akan memiliki usia yang lebih panjang karena dalam satu batang rokok yang dihisap bisa mengurangi 11 menit kesempatan hidup.Dan tentunya masih banyak lagi keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari tidak merokok


No comments:

Post a Comment