1/12/12

Mau Tidur Lebih Lelap? Hindari Makanan dan Minuman Ini

Adanya gangguan tidur dimalam hari seringkali mengakibatkan badan lemas dan tidak fit keesokan harinya yang dapat mengganggu rutinitas sehari-hari. Banyak hal yang menjadi penyebab gangguan tidur dan beberapa jenis makanan juga dapat menyebabkan gangguan tidur.

Sleeping/image source:pexels.com


Walau begitu setiap orang dapat mempunyai penyebab gangguan tidur yang berbeda-beda, maka itu sangat perlu untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab gangguan tidur dan kemudian mencoba menghindarinya.

Tapi tidak ada salahnya juga untuk meninjau ulang jenis makanan dan minuman yang telah dikonsumsi sebelum tidur jika sedang mengalami gangguan tidur karena mungkin saja hal tersebut menjadi salah satu penyebabnya.

Berikut ini adalah 5 makanan dan minuman yang dapat menyebabkan  tidur  anda terganggu seperti dikutip dari Caring, antara lain:

Menu Daging dengan Pengawet


Sebaiknya Anda menghindari untuk mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung daging yang menggunakan unsur pengawet sebagai kudapan sore.Bacon,ham, sosis dan daging asap mengandung kadar tinggi dari asam amino tiramin.

Asam amino tiramin dapat menjadi pemicu otak untuk melepaskan norepinefrin. Norepinefrin merupakan perangsang otak yang membuat orang merasa waspada dan terjaga.

Menu dan Minuman Cokelat

Menikmati minuman cokelat hangat atau kudapan cokelat dimalam hari memang sangat menggoda lidah.Tetapi, banyak orang yang semakin peka terhadap kafein seiring bertambahnya usia.

Terkadang hanya potongan-potongan cokelat kecil di atas es krim dapat mengakibatkan seseorang mengalami gangguan tidur. Cokelat juga mengandung tyrosine, sebuah asam amino stimulan.

Tyrosine merupakan asam amino nonesensial tubuh yang tersusun dari asam amino lain yang disebut fenilalanin. Ini merupakan sebuah blok bangunan untuk beberapa zat kimia otak yang penting disebut neurotransmiter, termasuk epinefrin, norepinefrin, dan dopamin,yang Membantu neurotransmitter sel saraf berkomunikasi dan mempengaruhi suasana hati.

Minuman Suplemen


Berbagai jenis minuman suplemen biasanya mengandung kafein tinggi serta asam amino taurin. Kafein dan asam amino taurin akan mengakibatkab meningkatnya kewaspadaan dan adrenalin.

Hasil studi baru memberikan informasi bahwa, bahkan jika mengonsumsi minuman energi pada waktu pagi hari, kombinasi dosis tinggi antara taurin dan kafein dapat membuat susah untuk tidur, atau tidur dengan kualitas yang baik di kemudian hari.

Saus dan Makanan Pedas


Gangguan pencernaan merupakan sumber umum dari adanya gangguan tidur, dan banyak orang tidak berhasil untuk kembali tidur. Makanan asam dan pedas dapat mengakibatkan refluks, mulas, dan gejala pencernaan lain yang mengganggu waktu tidur.

Minuman dengan Kadar Alkohol


Minuman alkohol memang dapat membuat merasa lebih rileks setelah bersantap malam. Tetapi beberapa jam kemudian, dapat mencegah keinginan Anda untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Alkohol juga dapat menjadi sebab dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh, sehingga dapat membuat orang terbangun ketika tidur karena adanya dorongan untuk buang air kecil.


No comments:

Post a Comment