1/4/12

Ingin Menjadi Seorang Pemimpin Handal? Simak Tips-Tips Berikut Ini

Menjadi pemimpin yang handal dan disenangi bawahan tentu bukanlah perkara yang mudah. Tanggung jawab yang berat dan banyak, terkadang membuat Anda sulit  dan tidak percaya diri untuk menjalankannya.

Ilustrasi/pexels.com

Dari waktu ke waktu, sebagian orang pasti memiliki resolusi untuk menjadi seorang leader yang baik. Seperti yang dikutip dari Forbes, terdapat lima kunci utama yang harus diprioritaskan jika Anda ingin menjadi seorang pemimpin yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Berikut lima tips menjadi pemimpin yang handal untuk Anda ketahui.

Prioritaskan Keluarga

Jadikanlah keluarga sebagai pilihan utama karena dibalik kesuksesan seorang pemimpin terdapat support dari keluarga.Jadi, jika ditahun-tahun sebelumnya Anda kurang memperhatikan keluarga, ada baiknya jika segera merubah persepsi tersebut.Pastikan Anda memiliki banyak waktu senggang untuk keluarga karena bagaimana pun juga keluarga merupakan harta yang paling berharga dan tak akan tergantikan.

Buatlah Rencana dan Waktu Cadangan

Seorang pemimpin harus memiliki karakter profesionalisme yang tinggi, misalnya kemampuan dalam merencanakan sesuatu dengan baik, rajin mengevaluasi, dan mengkoordinasi bawahan dan tim kerjanya dengan sistematis. Kebanyakan dalam jiwa seorang pemimpin selalu merencanakan hal-hal yang berkaitan ke arah masa depan. Mereka selalu memiliki waktu cadangan untuk diisi dengan kegiatan yang sifatnya tak terduga atau mendadak, seperti rapat dadakan,meeting dengan klien, dan sebagainya. Anda juga perlu memiliki waktu luang untuk mengikuti seminar kepemimpinan agar kompetensi Anda sebagai seorang leader juga terasah dengan baik. Dengan begitu, Anda dapat menjadi role model yang baik bagi bawahan dan rekan kerja.

Pendengar yang Baik

Sebagai seorang pemimpin, memberikan arahan dan doringan semangat kepada bawahan adalah kewajiban. Namun, pemimpin yang baik seyogyanya juga memberikan peluang untuk bawahan maupun tim kerja lainnya untuk mengemukakan pendapatnya. Anda perlu bersifat terbuka dan menjadi seorang pendengar untuk menerima masukan. Intinya, bukan hanya bawahan dan tim kerja yang harus mengerti Anda, Anda juga harus berusaha menjalin dialog yang intens agar dapat mengerti mereka.

Rendah Hati

Pempimpin yang bijak bersedia mengorbankan egonya, tidak bersikap tempramental dan sewenang-wenang serta tidak mudah naik darah. Sebagai pemimpin harus dapat bersikap rendah hati. Jangan sampai Anda memandang sebelah mata dan meremehkan orang yang Anda pimpin. Mau menerima gagasan yang diberikan oleh bawahan atau tim kerja Anda, merupakan hal yang menunjukkan bahwa Anda juga menghormati dan menghargai mereka.

Membangun Komunikasi Dua Arah

Didalam kepemimpinan bukan hanya mengenai Anda saja,namun juga tentang mereka yang Anda pimpin.Pemimpin yang smart dapat membina komunikasi dua arah dengan mereka sebagai yang dipimpin. Penting juga bagi Anda untuk berbagi kisah dengan bawahan maupun tim kerja. Karena dengan berbagi pengalaman, Anda bisa saling lebih mengenal satu sama lain.


No comments:

Post a Comment