12/14/11

Waspada,8 Hal Ini Bisa Buat Pernikahan Retak

Dalam sebuah pernikahan, masalah sepele seringkali datang dan berubah menjadi pertengkaran. Masalah sepele itu malah dapat membuat pernikahan yang sudah susah payah dibina menjadi hancur. Berikut ini delapan poin yang sebaiknya dihindari agar pernikahan Anda langgeng dan bahagia.

Ilustrasi Pasangan Nikah/pexels.com

Diam Satu Sama Lain

Ketika Anda dan pasangan bertengkar dan tidak menemukan pemecahan masalah dari pertikaian itu, mendiamkan satu sama lain kerap dijadikan solusinya. Jika hal ini terjadi berlarut-larut,maka dapat berakibat terjadinya masalah yang lebih serius. Malah dengan tidak bicara satu sama lain bisa membuat pertikaian semakin memanas.Untuk membuat pernikahan tetap awet, selalu dan selalu berkomunikasilah dengan pasangan.

Ingin Menang Sendiri

Pernikahan bukan hanya soal berkompromi,tetapi juga bagaimana Anda menyesuaikan diri dengan kehidupan pasangan, begitu juga sebaliknya. Dalam sebuah hubungan, egois tidak bisa dijadikan pegangan. Anda dan pasangan seharusnya sama-sama bersikap adil dan hindari keinginan mau menang sendiri.

Aktif Mengkritik Pasangan

Kritik pada pasangan boleh saja,asal bertujuan demi kebaikan bersama dan hanya dalam waktu tertentu saja.Namun jika kritikan itu terlalu sering terlontar, bisa-bisa pasangan gerah juga. Sebaiknya, jika kekurangan atau perilaku pasangan tidak terlalu mengusik kelangsungan pernikahan Anda,maka tidak perlu kiranya hal tersebut dikatakan padanya. Kalaupun memang mau mengkritik, jangan juga dilakukan di depan umum,karena hal tersebut juga sama saja dengan Anda merendahkan harga diri pasangan.

Adanya Campur Tangan Pihak Ketiga

Hubungan pernikahan Anda,hanyalah milik Anda dan pasangan. Sebaiknya jangan biarkan ada pihak lain ikut campur dalam hal tersebut. Sebisa mungkin cari solusi sendiri atau bersama pasangan atas problem-problem yang terjadi. Bantuan psikolog atau terapis pernikahan merupakan solusi yang dirasa akan lebih baik dari pada minta bantuan pihak ketiga seperti teman. Biasanya pendapat mereka menjadi bias atau berat sebelah ke salah satu pihak.

Cerewet

Terus-menerus bersikap cerewet adalah salah satu hal yang bisa menghancurkan pernikahan dengan cepat. Memang Anda pasti kesal jika pasangan sepertinya selalu lupa akan kewajibannya. Namun usahakan tidak terlalu sering memarahinya. Perlu diingat, pasangan Anda sudah dewasa dan sebenarnya mengerti apa yang seharusnya dikerjakan.

Tidak Adanya S3k5 Dalam Pernikahan

S3k5 bukan satu-satunya elemen penting dalam sebuah pernikahan. Walau begitu, s3k5 merupakan salah  satu kunci yang cukup mrmberikan andil besar bagi suksesnya sebuah pernikahan. Usahakan Anda dan si dia meluangkan waktu untuk memadu kasih di sela-sela padatnya kesibukan. S3k5 yang dilakukan secara mendadak, juga bisa cukup menyenangkan.


Memberikan Batasan

Memberi ruang pada pasangan merupakan suatu hal penting dalam sebuah pernikahan. Jangan membatasi pasangan jika apa yang dilakukannya memang positif. Berikan mereka kesempatan untuk lebih berkembang dan bersosialisasi.

Membandingkan Dengan Orang Lain

Setiap orang adalah individu yang dengan keunikan masing-masing, begitu juga dengan kekasih Anda. Membanding-bandingkan dengan orang lain bisa membuat harga diri pasangan merasa direndahkan. Cara terbaik untuk mendapatkan pernikahan bahagia adalah dengan mencintai dan menerima kekurangan pasangan yang Anda nikahi.

 





No comments:

Post a Comment