12/3/11

Tiga Langkah Sederhana Membuat Password yang Aman

Sekarang kita sudah hidup dalam era digital dimana Anda sering diminta untuk up date password yang Anda gunakan,beberapa di antaranya dipakai  untuk hal-hal yang tidak begitu penting (dimana tidak membahayakan uang dan data pribadi Anda). Untuk yang semacam ini, Anda bebas untuk menggunakan password yang tidak terlalu rumit karena efeknya jika sampai diketahui orang lainpun tidak akan begitu membuat Anda menderita kerugian yang besar. Lain halnya, pada saat Anda benar-benar harus membuat password yang benar-benar mendetail untuk melindungi informasi penting yang Anda miliki.

Ilustrasi 

Berikut ada tiga langkah sederhana untuk membuat password yang aman dari jangkauan h4ck3r:

- Password atau kata sandi minimal harus terdiri dari 8 karakter atau lebih untuk hasil yang lebih bagus.Tidak ada toleransi untuk hal ini.

- Password harus dikombinasikan antara huruf, angka dan karakter simbol yang unik di keyboard tetapi sebaiknya hindari suatu urutan (seperti ‘12345678’ atau ‘abcdefgh’ atau ‘qwertyui’). Jika mengandung suatu pola-pun, ini akan menjadi suatu celah! Jangan gunakan pula membuat password dengan cara mengganti suatu karakter dengan simbol yang mirip (sebagai contohnya ‘p@55w0rd’, h4ck3r tahu betul segala trik ini). Semakin acak password Anda, semakin aman pula untuk Anda gunakan.

- Hindari untuk menggunakan nama Anda, tanggal ulang tahun, tanggal suatu peringatan (nikah pertama,nikah kedua,nikah ketiga-contoh orang kemaruk) atau kata-kata dari kamu. Sia-sia saja menggunakan ini,karena  terlalu mudah bagi orang jahat untuk mengetahuinya.
Harus diingat, suatu password mudah hanya efektif tidak diketahui oleh orang-orang yang jujur dan bertanggung jawab, tetapi untuk orang-orang yang jahat, sama sekali tidak!



No comments:

Post a Comment