12/3/11

Tips Agar Komputer Selalu Terlindung dari Virus

Virus yang menyerang sebuah PC atau komputer memang banyak membuat masalah. dari kinerja komputer menjadi lambat, sering hang, bahkan yang paling parah bisa menghilangkan semua file-file penting. apa jadinya jika sebuah file yang akan digunakan untuk presentasi tiba-tiba hilang karena serangan virus? tentunya ini bukan masalah yang sepele lagi. brikut ini tips sederhana dari saya agar komputer selalu terlindung dari virus :

Ilustrasi/pexels.com

Pasang / Install Antivirus

Sebuah PC tanpa antivirus ibaratnya seorang tentara tanpa sejata. virus akan masuk dengan mudahnya untuk menyerang system dan data yang ada dalam PC kita. oleh karena itu menginstall antivirus pada sebuah PC adalah kewajiban.banyak  antivirus yang gratis alias tanpa bayar yang bisa diunduh lewat  website resmi masing-masing, misalnya AVG,Avira,Avast,dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Update Antivirus sesering mungkin

Antivirus yang sudah ada tidak pernah ter-update juga sama saja dengan sebuah PC tanpa perlindungan. update-lah antivirus sesering mungkin. settinglah Antivirus menjadi Automatically Update.

Jangan Membuka Tautan yang Tidak Dikenal

Kadang sewaktu kita browsing di internet sering menjumpai link yang menawarkan suatu produk gratis misalnya software  yang menarik,padahal sebenarnya itu hanyalah sebuah jebakan agar kita membuka link tersebut dan tentunya virus akan dengan mudah masuk ke PC kita lewat link tersebut.biasanya kita disuruh mendownload dan menginstall aplikasi yang berformat .exe, jadi waspadalah!

Jangan Sembarangan Pasang Flashdisk

Flashdisk menjadi sebuah alat yang cukup ideal sebagai salah satu cara untuk menyebarkan virus. scan lah sebuah Flashdisk secara rutin agar dapat meminimalisasi masuknya virus ke komputer.

Pasang Deep Freeze

Deep freeze adalah software Block restore yang di ciptakan oleh perusahaan faronics yang bekerja di bidang pembuatan Software. Deep freeze di ciptakan untuk menjaga dan mengorganisir files yang ingin disimpan secara permanen, terutama pada Local disk Sytem.
Cara kerja Deep freeze adalah membekukan semua file yang berada di komputer tersebut saat di instal pertama kali.
Untuk memakai Deep Freeze sebaiknya komputer anda dibagi menjadi setidaknya 2 partisi yaitu partisi “master” untuk instalasi sistem OS komputer seperti Windows, yang kedua partisi “secondary” untuk data, installer maupun backup. Yang anda pakai untuk Deep Freeze hanya partisi sistem anda saja atau partisi “master” karena partisi ini yang paling banyak diserang oleh virus atau mengalami masalah dengan OS ketika startup. Untuk partisi data sebaiknya tidak perlu dipasang Deep Freeze karena kita tidak ingin saat komputer  restart data anda hilang atau kembali ke posisi semula sebelum terjadi perubahan. Kalau komputer anda singel partition (hanya ada “C” saja tidak ada “D”, dimana “D” bukan CD/DVD-ROM atau RW),
Catatan jika komputer anda terkena virus tinggal restar saja,  pasti akan kembali lagi seperti semula.









No comments:

Post a Comment